Mohon tunggu...
Qiqi NurIndah
Qiqi NurIndah Mohon Tunggu... Hi!

I'm still working on My Masterpiece

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Tips Minum Air Putih agar Kebutuhan Harianmu Tercukupi, Penting Banget Loh!

24 Juni 2021   01:17 Diperbarui: 24 Juni 2021   02:16 56 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Minum Air Putih agar Kebutuhan Harianmu Tercukupi, Penting Banget Loh!
Tips Minum Air Putih Agar Kebutuhan Harianmu Tercukupi, Penting Banget Loh! (Source:Pixabay/Congedesign)

Air putih merupakan kebutuhan setiap makhluk hidup, termasuk manusia. Manusia mungkin bisa hidup tanpa nasi, namun sangatlah tidak mungkin jika tanpa air. Manusia disarankan untuk mengkonsumsi air putih setidaknya 2 liter dalam sehari. Selain untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh, mengkonsumsi air putih juga memiliki banyak manfaat.

Manfaat air putih yang dikonsumsi secara cukup dalam hitungan harian adalah meningkatkan metabolisme dalam tubuh, menghilangkan racun, mencegah dehidrasi, mencegah kenaikan berat badan, hingga membantu lebih fokus dalam beraktivitas.

Seseorang yang tidak mencukupi kebutuhan harian akan air putih akan mendapati masalah dalam sistem pencernaannya, menjadi tidak fokus, dehidrasi, hingga mudah terserang penyakit. Mencukupi kebutuhan harian akan mineral memang terlihat sepele, namun hal tersebut sebenarnya berpengaruh besar terhadap kelangsungan hidup.

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Kurang Minum Air Putih

Untuk memastikan kebutuhan harian akan air mineral terpenuhi, berikut tips yang dapat membantu agar lebih mudah mendapatkan kebutuhan mineral dalam tubuhmu. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut!

Menyediakan air minum di meja kamar

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menyediakan air di meja kamar. Tepatnya, di dekat alarm atau di sisi tempat tidur. Jadi, ketika kamu merasa haus di tengah malam, atau terbangun di pagi hari akan langsung dapat meneguknya. Kebiasaan ini akan menjadi candu dalam setiap harinya. Membiasakan ini selama satu minggu akan membantumu untuk ketergantungan terhadap air putih.

Membawa botol minum ke meja kerja

Hal kedua adalah dengan selalu membawa botol minum berisikan air putih. taruhlah dalam jumlah 1-2 liter. Setidaknya jika kamu merasa akan mengerjakan pekerjaan yang panjang, kamu tidak perlu repot-repot untuk bergegas mengambil air minum di tempat yang jauh. Setiap kamu merasa pegal atau mulai menguap, teguklah air di dalam botolmu.

Baca Juga: Yuk, Tetap Mengkonsumsi Air Putih!

Memancing dengan makanan/minuman lain 

Cara ini dapat dilakukan untukmu yang tidak menyukai air putih karena rasanya yang hambar dan tidak seberapa menyegarkan. Memancing agar menjadi haus dan membutuhkan air minum dapat dilakukan dengan memakan makanan pedas, atau yang berminyak. Kamu juga bisa minum kopi atau teh terlebih dahulu. Dengan melakukan trik berikut, tentunya akan membuat tubuhmu terpancing untuk merasa dahaga dan ingin segera meneguk air. Hal ini efektif dilakukan untukmu yang sangat susah untuk mencukupi kebutuhan air harian mu.

Meminum air putih sebelum makan

Hal ini juga dapat dilakukan untukmu yang susah sekali yang suka makan berlebihan. Dengan membiasakan diri minum air putih sebelum  makan akan menimbulkan efek kenyang terlebih dahulu. Jadi sangat cocok untukmu yang sedang mengatur pola makan sekaligus pola hidup sehat.

Memasang pengingat di handphone

Cara ini dinilai sangat efektif dilakukan untukmu yang sering lupa untuk minum air putih karena rutinitasmu yang sangat padat, atau kesibukan mu dalam bekerja. Hal ini dapat dilakukan dengan mendownload aplikasi water alert yang ada di telepon genggammu. Saat alarm berbunyi, disiplinkan untuk segera minum dan hal ini akan menjadikanmu terbiasa untuk selalu memenuhi kebutuhan air setiap hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN