Sweep The Shore merupakan serangkaian kegiatan kampanye sosial yang dirancang untuk mengajak masyarakat luas, terutama kalangan muda, agar lebih peduli terhadap kondisi lingkungan laut dan pesisir pantai. Tujuan utamanya adalah untuk menekan dampak negatif dari penggunaan plastik sekali pakai, sambil mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) Nomor 14: Kehidupan di Bawah Air.
Puncak dari kampanye ini adalah kegiatan pembersihan pantai yang akan diadakan di Tanjung Pakis. Namun, sebelum acara utama tersebut dimulai, tim dari "Sweep The Shore" terlebih dahulu melakukan roadshow edukasi ke tiga sekolah di wilayah Cikarang sebagai langkah awal untuk meningkatkan kesadaran dan memberikan edukasi lingkungan kepada generasi muda.
Roadshow ini berlangsung selama dua hari, pada tanggal 24 April 2025, pada pagi hari roadshow berlangsung di SMAN 1 Cikarang Selatan dan siang hari berlangsung di SMAN 3 Cikarang Utara. Di susul dengan roadshow hari kedua yang berlangsung pada tanggal 25 April 2025 pada pagi hari di SMAN 1 Cikarang Utara.
Selama roadshow berlangsung, tim "Sweep The Shore" menyampaikan informasi mengenai risiko pencemaran plastik terhadap lautan serta ekosistem. Para pelajar juga diajak untuk mengambil tindakan nyata dengan membawa botol minum pribadi mereka, lambang dari komitmen kecil untuk menekan penggunaan sampah botol plastik yang sekali pakai.
Selain penjelasan materi, suasana acara roadshow juga diramaikan melalui permainan yang berfokus pada lingkungan dan kuis yang interaktif. Para pelajar tampak sangat bersemangat, baik ketika menjawab pertanyaan, berpartisipasi dalam permainan.
Roadshow ini bukan hanya mengedukasi terkait sampah plastik, tapi juga membangun kesadaran bahwa menjaga lingkungan tidak harus dimulai dari hal besar, bisa dimulai dari hal sekecil membawa tumbler dari rumah, dan tidak membuang sampah sembarangan.
Seluruh rangkaian acara ini dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations and Digital Communication President University. Mereka membuktikan bahwa kampanye sosial bisa dilakukan dengan pendekatan kreatif, komunikatif, dan penuh dampak. Karena perubahan tidak selalu dimulai dari pantai. Kadang dimulai dari sebotol tumbler di tangan, dan dari satu langkah kecil yang dilakukan bersama.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI