Mohon tunggu...
Pramitha
Pramitha Mohon Tunggu... Freelancer - Ahli Gigi

Saya sangat suka ke pantai dan berlarian mengejar ombak ombak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dampak Globalisasi dalam Bidang Pendidikan di Indonesia

6 Desember 2022   18:38 Diperbarui: 6 Desember 2022   18:48 176
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa itu Globalisasi?

Globalisasi adalah proses keterkaitan dunia yang makin meningkat. Globalisasi bisa menimbulkan keterkaitan antar orang-orang, di berebda bidang, seperti bidang perdagangan, sosial budaya, politik, komunikasi, dan ekonomi. 

Apa dampak Globalisasi?

Globalisasi memberi dampak yang besar bagi kehidupan manusia, yaitu dampak positif maupun dampak negatif. Contohnya, dii masa depan, akan ada banyak manusia yang bergantung ke teknologi, seperti ponsel dan komputer akan berkembang dan meningkat dengan cepat dan akan berpengaruh dalam dunia komunikasi. 

Bidang Pendidikan di Indonesia

Pendidikan di Indonesia itu sangat penting untuk anak-anak dan remaja-remaja di masa depan. Sebenarnya Bidang Pendidikan di Indonesia itu kurang baik, karena ada beberapa sekolah yang tidak memenuhi standar pendidikan, dan juga adalah masalah beli nilai yaitu, diperbolehkan membeli ijazah. Ada banyak anak-anak dan yang tidak beruntung dan tidak bisa mendapat pendidikan di Indonesia namun memiliki semangat belajar yang besar. Setiap manusia mempunyai cita-cita, dan kita pergi ke sekolah untuk mencapai cita-cita itu, dengan kerja keras. Tapi karena adanya uang orang-orang yang tidak ada semangat belajar pun bisa mendapatkan nilai-nilai bagus dengan membelinya. 

Dampak Globalisasi kepada Bidang Pendidikan di Indonesia

Globalisasi telah merubah beberapa bidang-bidang di Indonesia, begitu juga kepada kehidupan kita sehari-hari. Bidang Pendidikan adalah salah satu contoh bidang yang terpengaruh globalisasi, seperti: 

  • Akan lebih mudah mencaari mataeri ujian ataupun tugas sekolah di internet.
  • Teknologi telah membantu guru-guru untuk mengajar, seperti video praktek atau presentasi.
  • Jika ada mahasiswa yang tidak menghadiri kelas, ia pun tetap bisa mencari materi di internet.

 Itu adalah dampak positif globalisasi di bidang pendidikan, berikut adalah dampak negatik di bidang pendidikan:

  • Ada banyak mahasiswa yang terlalu mengadalkan internet, seperti menyontek untuk ujian, mencari jawaban pintas dari internet untuk PR atau tugas sekolah.
  • Beberapa mengambil kesempatan untuk membantu siswa-siswa belajar, tetapi sebenarnya hanya ingin menghasilkan uang, dan kualitas edukasi tidak terlalu bagus untuk harga nya.

Itulah dampak-dampak Globalisasi di Bidang Pendidikan di Indonesia, menurutmu apakah globalisasi baik di Bidang Pendidikan?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun