Kuliner

Mengenal Minuman Tradisional Bali yang Masih Tetap Eksis

12 Juni 2018   09:36 Diperbarui: 12 Juni 2018   10:08 547 0 0
Mengenal Minuman Tradisional Bali yang Masih Tetap Eksis
halhalal.com

 Kehidupan manusia tidak terlepas dari minuman. Selain menyegarkan, hampir semua minuman memiliki rasa yang nikmat. Saat ini minuman modern sangat populer di Indonesia seperti halnya thai tea, bubble tea, dan masih banyak lainya. 

Hampir semua minuman modern yang populer di Indonesia berasal dari luar negeri. Namun, hal ini tidak mengurangi eksistensi dari minuman tradisional di Indonesia. Semua daerah tentunya memiliki minuman tradisional yang eksis di daerahnya masing-masing. 

Di Bali terdapat beragam minuman tradisional yang masih eksis sampai saat ini ditengah gempuran minuman modern. Berikut 5 minuman tradisional khas Bali yang masih eksis.

1. Es Daluman

sumber: halhalal.com
sumber: halhalal.com
  Minuman khas Bali yang satu ini eksis di seluruh Indonesia. Di Indonesia biasanya disebut cincau hijau,  di Bali dikenal dengan sebutan daluman. Cara membuatnya pun gampang. Daun cincau, disobek kecil atau diblender, kemudian diberi air dan diremas-remas sampai mendapat air daun cincau tersebut. 

Setelah itu disaring dan didiamkan atau dimasukan kedalam kulkas hingga kenyal. Lalu daluman siap dicampur dengan es, santan, cairan gula merah, dan bahan lainya. Selain segar es daluman juga menyehatkan

2. Loloh

kompaswisata.com
kompaswisata.com
 Loloh merupakan minuman tradisional Bali yang bisa dikatakan sejenis jamu. Pasalnya loloh dinikmati untuk meningkatkan kesehatan. Loloh yang umum di kalangan masyarakat adalah loloh daun sembung. 

Daun ini cukup diremas-remas dalam air sampai hijau dan ditambah garam bila perlu. Saat ini loloh banyak jenisnya sampai ada loloh yang eksis di Bali saat ini yaitu loloh cemcem.

3. Es Tambring

halhalal.com
halhalal.com
Es tambring merupakan minuman khas Bali yang masih eksis. Sekilas mirip es kelapa muda, namun bedanya ada warna coklat dari asam jawanya yang menambah sensasi asam dan segarnya. Cara membuatnya gampang. 

Untuk sirup cukup rebus gula, asam jawa, dan putih telur sampai mendidih. Lalu siapkan gelas masukan es, sirup, air kelapa muda, dan daging kelapa muda yang dikeruk. Rasanya pun membuat minuman ini banyak diminati.

4. Arak

sumber: rri.co.id
sumber: rri.co.id
 Arak merupakan minuman berakohol khas Bali yang saat ini masih diminati masyarakat Bali. Kadar alkoholnya cukup tinggi sehingga dapat memabukan jika diminum dalam skala banyak. 

Arak umumnya dibuat dari fermentasi beras atau bahan lain melalui proses penyulingan. Arak di Bali juga digunakan sebagai tabuh atau persembahan saat upacara mecaru. Saat ini tradisi mearakan masih eksis di Bali tanpa ganguan minuman modern.

5. Tuak

khasiat.com
khasiat.com
Tuak merupakan minuman keras beralkohol tradisional yang masih sangat eksis di Bali. Tuak juga eksis di beberapa daerah di Indonesia. Minuman ini merupakan fermentasi dari nira dan bahan lain. 

Saat ini tradisi metuakan sangat kental di Bali sampai-sampai terdapat lagu "Tuak Adalah Nyawa" yang dinyanyikan artis Bali Maskepung. Walaupun kadar alkoholnya tinggi, namun rasanya manis dan memabukan apabila tak terkendali meminumnya

Demikian 5 minuman tradisional Bali yang masih eksis. Tidak akan hilang walapun digempur minuman jaman now.