Mohon tunggu...
Putri WahyuW
Putri WahyuW Mohon Tunggu... Sebagai Sarana Sharing Informasi

Mahasiswi semester 7 jurusan Farmasi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Minimnya Tempat Cuci Tangan di Lingkungan Tempat Tinggal pada Masa Pandemi Covid-19

10 Juli 2020   11:43 Diperbarui: 10 Juli 2020   11:33 10 1 0 Mohon Tunggu...

(Gabus, 30 Juni 2020) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dalam era pandemi COVID-19 melakukan gerakan pengabdian masyarakat yang dapat dilakukan oleh mahasiswa/i di lingkungan daerah asalnya yaitu melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

KKN yang biasanya dilakukan didaerah tertentu dengan kebutuhan khusus, untuk tahun ini KKN dilakukan di daerah asal masing-masing mahasiswa/i dengan tema kepedulian terhadap COVID-19. KKN COVID-19 dilakukan disalah satu daerah yaitu Desa Gabus Rukun Tetangga (RT) 03/ Rukun Warga (RW) 03 Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Kegiatan KKN COVID-19 ini dibantu oleh ketua RT setempat yaitu pembuatan tempat cuci tangan. Harapan Putri Wahyu Wijayanti (M0617031) salah satu mahasiswi KKN COVID-19 yaitu dengan dibuatnya tempat cuci tangan, masyarakat dapat mencuci tangannya dimanapun dan kapanpun agar dapat meminimalisir penyebaran virus COVID-19. Peletakkan tempat cuci tangan yaitu pada warung makan, warung sayur, dan toko kelontong yang ada di lingkungan Desa Gabus RT 03/ RW03 Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati.

Selain pembuatan tempat cuci tangan, kegiatan KKN COVID-19 UNS dilakukan pemberian informasi terkait hal-hal yang berkaitan dengan pencegahan COVID-19. Pemberian informasi dilakukan melalui WhatsApp Grup ibu-ibu PKK RT 03/RW 03 Kecamatan Gabus, Kabupaten pati. Informasi yang diberikan antara lain, yaitu informasi terkain virus corona, pencegahan virus corona dengan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), cara penggunaan masker yang benar, cuci tangan dengan sabun, cara desinfeksi di rumah, cara pengasuhan anak-anak dan balita dimasa pandemi, dan persiapan era new normal.

Kegiatan lain yang dilakukan yaitu pembagian alat pelindung diri berupa handsanitizer  dan pembagian racikan minuman rempah herbal peningkat sistemimun tubuh. Sasaran pada KKN COVID-19 tidak hanya orang dewasa melainkan anak-anak dengan pemberian vitamin dan susu UHT dengan pemberian edukasi mengani corona dan kepatuuhan penggunaan masker dan cuci tangan.

Harapan dengan adanya KKN COVID-19 ini mahasiswa/i dapat berperan serta dalam kepedulian kesehatan masyarakat Indonesia dalam membantu pencegahan penyebaran virus dengan berbagai kegiatan yang dilakukan. Respon yang diberikan oleh  masyarakat dengan adanya KKN COVID-19 sangat baik "Terimakasih Mbak racikan minuman herbal dan handsanitizernya, bisa dipakai keluarga bersama" ucap salah satu respon warga RT 03/RW 03 Kecamatan gabus, Kabupaten Pati.

Putri Wahyu Wijayanti/M0617031 (putri.wahyu27@student.uns.ac.id)

VIDEO PILIHAN