Mohon tunggu...
Putri Rohma Romadloni
Putri Rohma Romadloni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Don't Give Up

Jangan pernah membatasi dirimu untuk melakukan sesuatu hal yang baru meskipun itu sangat mudah untuk dilakukan, karena pengalaman adalah guru terbaik.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pentingnya Self-Care untuk Kesehatan Fisik

25 Januari 2022   00:41 Diperbarui: 25 Januari 2022   00:56 173 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Day of Self Care/dokpri

Apa sih pentingnya self-care untuk kesehatan fisik? memang se-bepengaruh itu kah self-care untuk kesehatan fisik kita?

Terkadang kita disibukkan dengan berbagai rutinitas dan terkadang juga kita terlalu sibuk memperhatikan orang lain sehingga kita lupa memperhatikan diri kita sendiri. Ada waktu dimana kita merasa stress, kecapekan dan kuwalahan sehingga membuat kita tidak bisa menikmati hidup.

Kebanyakan orang masih menganggap self-care itu sesuatu yang dilakukan ketika ada waktu luang saja, misalnya kalau ada waktu luang yang cukup panjang baru melakukan self-care, bahkan ada juga yang jarang melakukan self-care. Padahal sebenarnya self-care bisa dilakukan dengan waktu singkat, tetapi banyak dari mereka tidak ingin melakukannya.

Menurut Dorothea Orem (2001), self-care adalah performance atau praktik kegiatan individu untuk berinisiatif dan membentuk perilaku mereka dalam memelihara kehidupan, kesehatan, dan kesejahteraan.

Sederhananya self-care bisa diartikan sebagai hal-hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan dan mencharge atau menambah energi di dalam diri kita supaya dapat berfungsi dengan baik, baik itu secara fisik maupun mental.

Disampaikan juga oleh pakar self-care Gracy Obuchowicz, self-care atau perawatan diri sendiri adalah sesuatu hal ketika dilakukan maka akan memberikan efek yang besar pada tubuh, baik secara fisik maupun mental.

Kebanyakan orang menganggap self-care hanya sekedar berkata pada diri sendiri seperti "saya akan membuat diri saya menjadi lebih baik", tetapi cara ini tidak berhasil. Gracy menuturkan bahwa ketika seseorang melakukan aktivitas yang tidak berkaitan dengan self-care, umumnya tidak akan ada pengaruh besar bagi dirinya. Self-care juga penting untuk menjaga suasana hati agar tidak bosan, terhindar dari stress, dan membuat tubuh lebih rileks.

Apakah self-care bisa memengaruhi kesehatan fisik? Jawabannya adalah bisa ya. Kira-kira kenapa kok bisa begitu ya?

Self-care bisa memengaruhi kesehatan fisik kita karena self-care memiliki keterkaitan dengan apa yang kita konsumsi sehari-hari dan bagaimana kita bisa merespon segala kebutuhan dengan tepat, misalnya apakah istirahat kamu sudah cukup atau belum? pola makan sehari-hari yang kamu jalani sudah benar apa belum? sudah olahraga yang cukup atau belum? apakah kamu saat ini berada di lingkungan pertemanan yang benar atau salah? berapa banyak aktivitas fisik yang kamu lakukan?

Perlu diketahui bahwa perilaku kita terhadap kebutuhan kita akan berpengaruh pada proses berfikir dan kesehatan fisik, maka dari itu ketika kita merawat tubuh dengan baik, kita akan bisa berpikir dan bertindak lebih baik.

Nah, meskipun terlihat sepele pada faktanya self-care sendiri itu penting untuk dilakukan karena self-care dapat membantu kita untuk lebih menghargai diri kita sendiri setelah berjam-jam melakukan kegiatan, dengan melakukan segala aktivitas yang dapat meningkatkan kebahagiaan dan kenyamanan terhadap diri sendiri. Memperhatikan self-care dengan baik juga dapat meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan diri kita karena self-care itu bagian dari self-love.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan