Mohon tunggu...
Putri Aisha Nabila
Putri Aisha Nabila Mohon Tunggu... mahasiswa

be kind to everyone

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Hadapi Masa Pandemi COVID-19 Mahasiswa Undip Ciptakan Alat Hand Sanitizer Injak

10 Agustus 2020   19:06 Diperbarui: 10 Agustus 2020   19:19 16 0 0 Mohon Tunggu...

Jakarta (10/08/2020) -- Pandemi COVID 19 membuat beberapa perguruan tinggi di Indonesia melakukan KKN untuk mahasiswanya secara mandiri yang dimulai pada tanggal 5 Juli 2020 sampai dengan 15 Agustus 2020 di daerah masing-masing.

Banyak kerugian yang terjadi akibat pandemi ini sehingga muncul pertanyaan bagaimana agar tetap aman jika terpaksa keluar rumah untuk beraktivitas. Sebenarnya, banyak sekali cara yang dapat dilakukan mulai dari menjaga kesehatan tubuh dari dalam yaitu dengan pola makan dan gizi seimbang, hingga kegiatan rutin seperti mencuci tangan yang masih sangat sering diabaikan oleh warga perumahan Janur Elok, Kelapa Gading.

Oleh karena itu, penulis berinisiatif untuk membuat handsanitizer dari bahan-bahan yang udah ditemukan diantaranya H2O2 3%, Alkohol 96%, serta Gliserin. Selain mudah ditemukan, harganya pun sangat terjangkau, dan yang terpenting adalah manfaatnya yang luar biasa.

Selain itu penulis juga membuat alat handsanitizer injak guna meminimalisir kontak langsung antar pengguna. Sehingga, tetap aman dalam menggunakan alat ini. Proses pembuatannya memakan waktu kurang lebih 2 minggu mulai dari tahap merencanakan, pembeliat alat dan bahan, perakitan, higga finishing. Alat ini kemudian diletakkan disekitar perumahan Janur Elok agar dapat digunakan dan bermanfaat oleh warga sekitar

dokpri
dokpri
Penulis : Putri Aisha Nabila D 

Teknik Industri Universitas Diponegoro

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x