Mohon tunggu...
Putri Ahliha
Putri Ahliha Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kuliah Kerja Mahasiswa Berbasis Program Studi Dalam Perencanaan Pembangunan Jangka Panjang Desa Sukodono

29 Januari 2022   15:08 Diperbarui: 29 Januari 2022   15:24 116 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kuliah Kerja Mahasiswa Berbasis Program Studi Dalam Perencanaan Pembangunan Jangka Panjang Desa Sukodono

Kuliah Kerja Mahasiswa Dari Rumah (KKM-DR) 2021-2022 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang dilakukan di Desa Sukodono. Desa Sukodono merupakan desa yang beradaterletak di kecamatan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Jarak desa ini cukup jauh dari perkotaan, dari kecamatan dampit berjarak 17 Km dan dari kabupaten malang berjarak 53 Km. 

Desa Sukodono Kecamatan Dampit ini memiliki luas wilayah 186.00 Ha yang secara administratif terbagi dalam 5 dusun, 5 RW ddan 52 RT. Berdasarkan data administrasi pada tahun 2019 jumlah penduduk Desa Sukodono adalah 10.230 jiwa dan tergabung dalam 2.680 Kepala Keluarga. Kedatangan KKM sangat disambut dengan baik oleh masyarakat setempat. 

Setelah melalui beberapa survey yang dilakukan kelompok kami merancang program kerja disesuaikan dengan kebutuhan dan tema yang diberikan oleh LP2M. selainSelain itu, program yang kami susun sesuai dengan keahlian dari prodi masing – -masing akan tetapi, dalam pelaksanaannya dilakukan secara bersama - -sama. Dalam kelompok kami ada beberapa program studi antara lain; matematika, biologi, PIAUD, manajemen, dan arsitektur. 

Adapun program kerja yang telah kami susun antara lain; 1.) Pembuatan akun media social official desa (Instagram, Youtube), 2.) Pengembangan Greenhouse, penelitian porang, dan pengembangan media pembelajaran budi daya ikan nila, 3.) Pengembangan Kurikulum dan kegiatan parenting, 4.) Redesain greenhouse, kandang domba, dan masterplan peternakan terpadu. 5.) Pentas Seni Anak dalam toleransi beragama.

Selain program kerja yang sudah disebutkan, kami juga memiliki program tidak tertulis dalam proposal yaitu pengajaran TPQ di sekitar posko tempat tinggal KKM – DR. Dimana, peserta TPQ merupakan anak – anak yang berada di sekitar tempat tinggal kami dan dilaksanakan setiap hari setelah maghrib. 

Tujuannya hingga menjelang adzan isya dari hari senin hingga kamis. Tujuan mengajar ngaji kepada anak-anak tersebut adalah bagaimana mahasiswa dapat berinteraksi dengan warga sekitar dan penanaman moderasi beragama di lingkungan. Tidak hanya itu, kami juga diundang untuk mengajar di TPQ Roudhotul Hikmah setiap jam 14.00 -17.00. dari hari senin hingga kamis. Kegiatan tersebut kita lakukan selama kami melaksanakan program kerja di Desa Sukodono. 

Pada minggu pertama kita melakukan pembukaan KKM – DR 2021-2022 pada tanggal 30 Desember 2021. Ada beberapa kendala sehingga pembukaan sehingga mengakibatkan tidak sesuai dengan jadwal yaitu penggunan lokasi balai desa untuk kegiatan vaksin desdesa dan kegiatan lainnya. 

Pembukaan berjalan dengan lancar, dihadiri oleh 12 perangkat desa terdiri dari kepala desa, sekretaris desa, kesekretariatan, dan 5 kepala dusun. Kami dengan kegiatan meliputi sambutan-sambutan, perkenalan  anggota kelompok KKM-DR 2021-2022, dan kami juga memaparkan program kerja yang sudah tersusun kepada perangkat desa untuk seraya mendukung setiap program dan apabila dari beliau memiliki saran kami mendiskusikan bersama kelompok untuk kelanjutan. program tersebut dalam kurung waktu satu bulan, pemaparan tesebut menggunakan media power point yang telah kami siapkan dan ditampilakan dengan menggunakna proyektor. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 12 perangkat desa terdiri dari kepala desa, sekretaris desa, kesekretariatan, dan 5 kepala dusun. Setelahh pembukkan kegiatan pertama yang kami lakukan yaitu survey tempat untuk mendesain masterplan peternakan terpadu di tanah Bangkok milik desa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan