Mohon tunggu...
Putri MilleniaDahliani
Putri MilleniaDahliani Mohon Tunggu... Lainnya - Undip 2018

Bismilahh

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Mahasiswa KKN Tim II Undip Ajari Ibu-ibu PKK dalam Pembuatan Pestisida Nabati dari Daun Pepaya

3 Agustus 2021   06:45 Diperbarui: 3 Agustus 2021   08:15 85 1 0 Mohon Tunggu...

Wonogiri (29/07/2021) -- Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip)  melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II periode 30 Juni -- 12 Agustus 2021 dengan mengusung tema "Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata".

Putri Millenia Dahliani, mahasiswa KKN Undip Fakultas Peternakan dan Pertanian merespon tema KKN tersebut sekaligus  mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan  di tengah pandemi COVID-19 melalui kegiatan "Sosialisasi Pembuatan Pestisida Nabati dari Daun Pepaya". 

Program ini bertujuan untuk mengajari warga desa bagaimana cara mengolah potensi daun pepaya menjadi pestisida nabati yang dapat digunakan sendiri maupun sebagai sumber pendapatan tambahan pendapatan.

Salah satu sumber masalah penurunan produktivitas tanaman adalah penggunaan pestisida  kimia secara berlebihan dan berlangsung terus menerus. 

Penggunaan pestisida kimia secara berlebihan memiliki dampak antara lain : hama menjadi resisten, adanya jenis hama baru, penumpukan residu kimia saat panen dan pencemaran lingkungan. Oleh karena itu, diperlukan upaya -- upaya untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya, dengan pembuatan pestisida nabati.

Daun pepaya banyak ditemukan di sekitar halaman rumah warga desa, hampir disetiap rumah warga desa menanam pohon pepaya. Keberadaannya yang berlimpah menjadikan daun pepaya berpotensi untuk dimanfaatkan secara lebih luas. 

Oleh karena itu, program KKN yang diangkat ialah pemanfaatan daun papaya untuk pembuatan pestisida nabati. Kegiatan sosialisasi terhadap warga Desa Demesan RT 01 RW 01 dilakukan dengan sosialisasi doors to doors dan dengan pembagian leaflet. 

Selain bermanfaat, pembuatan pestisida nabati dari daun pepaya ini dapat meningkatkan nilai daya guna daun papaya selain untuk dijadikan kudapan samata. 

Program sosialisasi dilakukan pada Selasa, 27 Juli 2021 secara doors to doors kepada Ibu -- Ibu PKK dengan memberikan leaflet serta memberikan hasil pembuatan pestisida nabati yang telah siap diaplikasikan.

Pembuatan leaflet untuk sosialisasi/Dokpri
Pembuatan leaflet untuk sosialisasi/Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN