Mohon tunggu...
Puji Hastuti
Puji Hastuti Mohon Tunggu... DOSEN

Seorang pembelajar yang Ingin terus mengasah diri

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Pertimbangkan Besaran Biaya UKT dan Indekos Saat Masa Pandemi

4 Juni 2020   20:15 Diperbarui: 5 Juni 2020   19:30 184 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pertimbangkan Besaran Biaya UKT dan Indekos Saat Masa Pandemi
Ilustrasi (Getty Images via Huffington Post)

Sudah tiga bulan anakku yang baru saja masuk kuliah di tingkat awal ini pulang kembali ke rumah. Rasanya baru kemarin nganter ke kos. 

Masih segar dalam ingatan juga bagaimana proses pembayaran uang kuliah di semester ganjil dan genap. Sekarang sudah harus bayar lagi, semoga diberi kelancaran dan kemudahan. 

Saat mau masuk kuliah, anakku yang lolos lewat jalur SNMPTN mulai membuka-buka bagaimana registrasi dan berapa biayanya. Ternyata ada pilihan uang kuliah sesuai penghasilan orangtua.

Walaupun kami, kedua orangtuanya, sama-sama PNS, namun untuk memilih UKT tertinggi rasanya belum mampu, sehingga akhirnya kami mengurus surat-surat untuk pengajuan UKT yang di bawahnya.

Banyak sekali form yang harus diisi untuk mengajukan uang kuliah yang bukan pilihan pertama. Setelah mengisi form tersebut termasuk minta surat keterangan dari desa setempat akhirnya dapat UKT level 2. Kami pun membayar registrasi uang kuliah sesuai dengan ketentuan tersebut.

Diperlakukannya learn from home di masa pandemi membuat anak-anakku kembali ke rumah semua. Mereka belajar dari rumah dengan daring. Untuk memfasilitasi agar mereka bisa mengakses materi dan mengikuti pembelajaran dengan lancar, akhirnya berlangganan wifi di rumah.

Awalnya menggunakan paket kuota biasa, namun ternyata lebih boros dan jaringan tidak stabil serta kadang-kadang habis, padahal masih berlangsung proses pembelajaran daring tersebut.

Berkaitan dengan pembayaran uang kuliah di masa pandemi Covid-19 ini, kebijakan apa yang sekiranya tepat untuk dilakukan? Secara umum banyak warga yang terpuruk secara ekonomi dalam masa ini. 

Akankah mereka mampu membayar uang kuliah untuk putra-putri mereka? Bagaimana kebijakan uang kuliah apakah akan diturunkan atau tetap seperti biasa? Bagaimana keberlangsungan perguruan tinggi jika uang kuliah diturunkan? 

Menurunnya perekonomian membuat kemampuan bayar uang kuliah juga menurun. Kebijakan yang tepat perlu dilakukan guna menjamin keberlangsungan pendidikan anak-anaknya. 

Mungkin bisa diterapkan beberapa kebijakan yang berkaitan dengan uang kuliah ini. Bagi yang mampu bisa membayar sepenuhnya dan tepat waktu, bagi yang merasa keberatan bisa menggunakan tunda bayar, atau tidak langsung sepenuhnya saat itu juga. Misal dengan mencicil uang kuliah tersebut selama semester itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN