Mohon tunggu...
Puji Devi Sri Utami
Puji Devi Sri Utami Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

Dream Come True

Selanjutnya

Tutup

Travel

Pantai Watu Kodok, Wisata Alam yang Tersembunyi

18 Januari 2022   11:23 Diperbarui: 18 Januari 2022   11:48 136 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Pantai Watu Kodok adalah salah satu wisata pantai yang memiliki hamparan pasir putih di Gunung Kidul. Pantai Watu Kodok ini berada di sebelah timur Pantai Sepanjang atau lebih tepatnya beralamat di Kelor Kidul, Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tentu banyak orang yang bertanya-tanya mengapa diberi nama Watu Kodok. Pemberian nama ini tentu memiliki asal usul dan arti tersendiri untuk mengangkat ciri khas dari pantai tersebut. Menurut cerita dari pengelola, ada dua versi yang menceritakan tentang asal usul penamaan Watu Kodok. Pertama, adanya penemuan sebuah patung yang menyerupai kodok. Patung ini ditemukan di dalam sebuah gua yang lokasinya berada di sebelah barat pantai. 

Namun, gua ini hanya dapat dilalui ketika air laut sedang surut. Versi kedua menyebutkan bahwa nama Watu Kodok didasari oleh adanya batu karang berbentuk seperti kodok, batu karang ini terletak di sisi barat dan sisi timur pantai. Dari kedua versi itu, kita belum mengetahui secara pasti sejarah penamaan pantai ini. Akan tetapi, Watu Kodok berasal dari bahasa Jawa yang artinya Batu Kodok.

Pantai Watu Kodok masih memiliki suasana yang sangat alami dengan hamparan pasir putih luas dan laut yang biru diantara dua karang besar. Menariknya, pasir putih di pantai ini memiliki tekstur yang sangat halus, sehingga ketika bermain tidak menjadikan telapak kaki tergores. Belum banyaknya wisatawan membuat pantai masih bersih dan terawat dengan baik. 

Jika dilihat dari sisi timur ke sisi barat juga sangat jarang dijumpai sampah-sampah apapun. Di sepanjang pantai juga terdapat banyak pohon cemara dan pandan yang dapat dijadikan sebagai tempat berteduh maupun istirahat.

Pemandangan yang indah dan deburan ombak yang tidak terlalu besar membuat daya tarik tersendiri untuk Pantai Watu Kodok. Di pantai ini, terdapat banyak sekali spot untuk berfoto yang sangat bagus layaknya sedang berada di Luar Negeri. Selain itu, pantai ini dapat dijadikan sebagai area untuk camping atau berkemah. 

Namun, untuk berkemah harus menyediakan alat-alat dan kebutuhan sendiri dari rumah. Tidak perlu khawatir untuk bermalam disini karena terdapat seseorang yang selalu berjaga disekitar pantai untuk memastikan keamanan.

Tidak kalah menarik, kuliner di Pantai Watu Kodok juga wajib dicoba. Banyaknya beraneka ragam olahan seafood bakar atau goreng yang ada di warung-warung sekitar pantai membuat kita tidak takut akan rasa lapar ketika bermain di pantai ini. Kuliner seafood yang ada di Pantai Watu Kodok relatif murah dan memiliki rasa yang akan membuat kita ketagihan.

Untuk masuk ke Pantai Watu Kodok, kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 20.000 di pintu masuk kawasan pantai. Dengan tiket masuk ini, kita tidak hanya dapat mengunjungi Pantai Watu Kodok, namun bisa juga mengunjungi pantai-pantai yang ada di kawasan tersebut. Untuk biaya parkir sepeda motor sebesar Rp. 3.000 dan mobil sebesar Rp. 5.000. Pantai ini sudah memiliki fasilitas yang memadai, seperti toilet, musala, tempat menginap, area parkir, dan gazebo.

Pantai Watu Kodok berjarak kurang lebih 70 KM dari Kota Yogyakarta dengan estimasi waktu sekitar dua jam perjalanan. Dalam perjalanan menuju pantai ini, kita disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah. Akses jalan menuju pantai masih berupa jalan setapak, tetapi sudah dapat dilalui oleh sepeda motor dan mobil.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan