Mohon tunggu...
Satria Imam Syuhada
Satria Imam Syuhada Mohon Tunggu... -

KRITIS, ARTIKEL DIBLOKIR? BUAT LAGI ! AYO MAJU BISMILLAH

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Tips Jitu INSTAN Ahli Berbicara Di Depan Umum

30 Oktober 2015   16:43 Diperbarui: 30 Oktober 2015   16:48 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siapa sih yang tidak ingin PD dan berani berbicara/berverbal lantang di depan umum? Layaknya seorang yang menata karir ataupun di jenjang organisasi kecil maupun besar seperti di sekolah maupun di perkuliahan (OSIS, MPK, Ikatan Organisasi Kemahasiswaan,dsb) atau di kantor, pastinya ingin sukses dalam mempresentasikan setiap pemikirannya.

Langsung saja ikuti langkah langkah ini, ingat “Seriuslah mengikuti” dan jangan lupa bismillah:

  1. MENGHILANGKAN PENGHALANG KEPERCAYAAN DIRI, contoh : anggapan bahwa verbal adalah anugerah dari lahir, itu salah, verbal bisa kita latih, lalu contoh lainnya adalah pembicaraan dari orang lain bahwa kita tidak mungkin bisa seperti orang orang lain yang lancar dalam berbicara, ini juga jelas salah.
  2. GUNAKANLAH MEDIA CERMIN, dalam hal ini orang yang paling mengetahui gerak gerik ataupun mimik dan penyesuaian intonasi adalah kita sendiri, cobalah belajar menyapa perlahan lahan, lalu masuk ke topik yang ingin dibahas apapun itu, atau sekedar bercengkrama, pastikan bahwa kita sudah nyaman melihat diri kita sendiri, pastikan itu! Sedikit motivasi kepallah tanganmu dan arahkan dan tempelkan ke cermin (posisi tinju) hal ini praktis meningkatkan emosi kita dalam berlatih.
  3. COBALAH BERDIAM DIRI TANPA SUARA DAN PIKIRKAN BAHWA SEMUANYA MENYUKAIMU DALAM BERBICARA, hal ini sangat instan menambah semangat, saya telah mencobanya, hanya fokus ke dalam kegelapan saat kamu memejamkan mata jika ingin, lalu berpikirlah bahwa orang menyukai gaya bicaramu.
  4. TARIK HEMBUS NAFAS “DENGAN DALAM dan DENGAN SUARA”, tahap ke empat ini merilekskan kamu setelah beralih tahap di tahap sebelumnya, apa fungsi utamanya? Melatih kontrol dan mawas diri saat tampil hingga mengurangi grogi dengan amat sangat PRAKTIS, silahkan lakukan tahap ini, ini tahap terpenting!, tarik dengan dalam lalu buang nafasmu dengan suara, “huaaah”.
  5. MULAILAH BERCENGKRAMA MINIMAL “ADA TERTAWA” DALAM SATU KALI CENGKRAMA DENGAN SIAPAPUN, kalian pasti pernah berdialog atau berkumpul dan sharing, tujuan utama adalah membangkitkan hormon kebahagiaan pada diri anda, sebenarnya ini juga bisa berujung pada mimpi umumnya, tapi percayalah manfaatnya adalah membawa pengantar koneksi tiap kata yang kamu ucapkan saat kapanpun lebih terarah, silahkan coba.
  6. MULAILAH LIPAT TANGAN ANDA DIDEPAN DADA, FOKUSKAN PANDANGAN KE SATU TITIK, ini adalah tahap penting selanjutnya dalam mawas diri, tujuannya adalah agar anda PD saat menatap lawan bicara anda, lakukan ini kira kira 10 menit.
  7. INGATLAH MEMORI YANG LALU LALU SETIDAKNYA SATU POTONG MEMORI, ini tahap yang paling susah, kenapa? Karena kalian akan mengingat hal yang lalu, apapun itu, jika kesulitan sambil ucapkanlah do, si, la, sol, fa, mi, re, do. Tujuan utama hal ini adalah anda akan dapat merangkum atau menyimpulkan apa apa yang telah anda verbalkan/bicarakan di depan umum nanti, dan juga tidak usah memikirkan tentang opening, event, and closing time, karena andalah AHLI VERBAL.

Ketujuh langkah diatas mohon dilakukan dengan seksama, memang susah, namun ini akan mencapat tahap max saat seminggu bahkan paling cepat 2 hari. Saat kamu tampil di khalayak umum kamu bisa menjalankan option.

  1. Menatap kening audiens jika belum sukses pada tahap 6 ilmu dasar verbal diatas.
  2. Menambahkan improvisasi dalam hal kekurangan anda dalam tahap 5 diatas.

TESTED by KETUA IMP PKN STAN 2015, it’s working guys, so what are you waiting for, go ahead.

Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun