Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Yang Kita Koleksi dan Kita Simpan Kelak akan Dihisab

6 Mei 2021   21:24 Diperbarui: 6 Mei 2021   21:37 191 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yang Kita Koleksi dan Kita Simpan Kelak akan Dihisab
Yang kita pakai sekarang dan kita sedekahkan itulah yang bermanfaat (ilustrasi: unsplash.com/Luca Laurence)

Selain demi kenyamanan hidup, salah satu alasan utama mengapa saya mulai menyingkirkan beberapa barang koleksi adalah karena teringat dengan tausyiah seorang ustadz. Katanya, simpanan-simpanan itu akan ada hisabnya di hari kemudian.

Misalnya simpanan sarung yang tidak terpakai, baju-baju yang mulai kekecilan, celana yang sudah tidak muat lagi di pinggang.

Masih banyak sebenarnya barang-barang simpanan atau koleksi yang lain. Toples tupperware yang menumpuk di kardus, masih terbungkus plastik, tak pernah dipakai dan tak ada rencana dipakai.

Ada lagi sajadah-sajadah yang teronggok begitu saja di dasar lemari.  Ada beberapa set piring dan gelas hadiah pernikahan, yang sampai sekarang pun masih belum pernah digunakan.

Ada ini ada itu, daftarnya bisa sangat panjang.

Yah, manusia memang tak bisa lepas dari nafsu. Semua yang kita miliki, kita beli dan kita simpan ini berawal dari nafsu. Ingin punya ini, tak mau kalah dengan tetangga atau saudara yang sudah punya barang itu, begitu seterusnya.

Padahal, apa yang kita miliki di dunia ini tak bisa kita bawa pulang ke kampung abadi. Yang kita pakai sekarang dan kita sedekahkan itulah yang bermanfaat.

Yang simpanan dan koleksi-koleksi, mereka semua akan dihisab, diminta pertanggung jawabannya. Dari mana kita memperoleh, dan untuk apa barang koleksi itu kita gunakan.

"(ingatlah) pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam neraka jahanam. Lalu dengan itu disetrika dahi, lambung dan punggung mereka (seraya dikatakan) kepada mereka, "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri. Maka rasakanlah (akibat dari) apa yang kamu simpan itu." (QS At-Taubah: 35)

Ingatlah, sedekah menghapuskan dosa, sebagaimana air mematikan api.

VIDEO PILIHAN