Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Joe Biden Tak Pernah Mengonsumsi Miras, Jokowi Malah Mengijinkan Investasinya

27 Februari 2021   07:45 Diperbarui: 27 Februari 2021   08:04 1186 21 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Joe Biden Tak Pernah Mengonsumsi Miras, Jokowi Malah Mengijinkan Investasinya
Jauh lebih mudah menghindari minuman keras sejak awal daripada berjuang keras mengatasi kecanduannya (ilustrasi: unsplash.com/Sayo Garcia)

Sebagai negara yang mengusung asas liberal, mengonsumsi minuman keras (miras) atau minuman beralkohol di Amerika Serikat (AS) sudah dianggap sebagai norma sosial. Produk minuman keras dipasarkan di toko-toko mana pun. Investor bisa bebas berinvestasi dalam industri minuman keras, dari yang besar sampai eceran.

Joe Biden, Presiden AS yang Tidak Pernah Mengonsumsi Minuman Keras

Namun mungkin tidak banyak yang menyadari, sejak pandemi Covid-19 hampir setengah dari orang dewasa di AS tidak mengonsumsi miras. Termasuk presiden AS yang baru saja dilantik Januari lalu, Joe Biden.

Menurut New York Times, Biden tidak pernah minum minuman beralkohol seumur hidupnya. Jika dihitung sejak awal abad ke-21, Joe Biden adalah presiden AS ketiga yang sama sekali tidak mengonsumsi miras.

Mantan presiden George W. Bush dulunya dikenal sebagai peminum. Namun sejak punya pengalaman negatif dan sadar dampak berbahaya dari minuman keras, Bush berhenti minum pada 1985, atau 15 tahun sebelum dia terpilih menjadi presiden AS.

Sementara Donald Trump dan Joe Biden diketahui sama-sama tidak minum minuman beralkohol sepanjang hidup mereka. Sejak awal, keduanya memilih dengan kesadaran pribadi untuk tidak mengonsumsi minuman keras.

Mengenai alasannya tidak mau minum miras, Joe Biden hanya menjawab singkat, "Ada cukup bayak pecandu alkohol di keluarga saya."

Sejak awal Joe Biden memutuskan untuk tidak mengonsumsi minuman keras (foto: White House melalui wikimedia commons)
Sejak awal Joe Biden memutuskan untuk tidak mengonsumsi minuman keras (foto: White House melalui wikimedia commons)

Sejak kecil, Joe Biden tumbuh bersama seorang paman yang pecandu alkohol parah. Putranya sendiri juga termasuk penganut alkoholisme, dan saat ini sedang berjuang dengan kecanduannya.

Dengan kondisi seperti itu, Biden memahami secara langsung bagaimana minuman keras dapat merusak kehidupan. Dia mungkin juga menyadari adanya komponen genetik atau faktor keturunan dari kecanduan, karena sepertinya itulah yang dia singgung dengan komentarnya tentang pecandu alkohol di keluarganya.

Pengalamannya tumbuh bersama pecandu alkohol, membuat Biden dengan bijak memutuskan untuk tidak mengambil risiko apa pun dan tidak pernah mengonsumsi miras sejak awal. Biden sadar, jauh lebih mudah menghindari minuman beralkohol sejak awal daripada menjadi kecanduan lalu berjuang keras untuk berhenti.

Pemerintah Indonesia Mengijinkan Investasi Industri Minuman Keras

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x