Mohon tunggu...
Prast T
Prast T Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Tekno

[Blog Competition] Tanyakan Sekitarmu dengan Kurio

29 Agustus 2017   22:12 Diperbarui: 11 September 2017   16:42 488 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
[Blog Competition] Tanyakan Sekitarmu dengan Kurio
Selalu Lebih Tahu Berita di Sekitarmu

Seperti kita ketahui bahwa kebutuhan informasi saat ini menjadi hal yang sangat vital bagi setiap orang. Banyak orang aktif di social media hanya untuk mendapatkan informasi yang menarik menurutnya. Lalu apa itu informasi yang menarik? Apakah yang hanya merupakan informasi yang tidak hoax saja? Tapi sebelum kita membahas lebih jauh mengenai informasi, tahukah anda apakah informasi itu? Informasi adalah sekumpulan data baik itu berupa fakta maupun opini yang dikumpulkan dari berbagai sumber sehingga memberikan manfaat bagi setiap orang. Lalu apakah semua data yang berupa fakta maupun opini bisa kita sebut sebagai informasi? Jawabannnya adalah TIDAK. Semua data yang berupa fakta maupun opini tidak bisa kita sebut sebagai informasi, karena untuk menjadikan data itu sebagai informasi perlu adanya proses pengolahan data yang tepat sehingga sampai pada orang yang benar benar membutuhkan informasi tersebut. Jika data olahan tersebut telah sampai pada orang yang tepat dan orang tersebut merasakan manfaatnya barulah data hasil olahan itu kita sebut sebagai informasi.

Sekitar tahun 2005 sebuah era baru memasuki Indonesia. Era dimana internet tidak lagi sebagai sesuatu yang digunakan hanya untuk browsing melalu mesin pencari tetapi sudah pada era digital marketing. Banyak sekali penyedia media cetak merambah ke situs media online karena menyadari pertumbuhan internet sangatlah cepat. Hal ini menjadi peluang sekaligus ancaman bagi mereka, karena keadaan internet di Indonesia saat itu masihlah tergolong lambat dan sangat mahal. Namun seiring meningkatnya kesadaran penduduk Indonesia akan informasi yang cepat dan akurat mulailah mereka beralih mencari informasi melalui internet. Ini menjadi awal dimulainya kebutuhan vital akan informasi di Indonesia.

Menjamurnya social media maupun situs portal berita online di dunia khususnya di Indonesia menjadikan kemudahan dalam mengakses sebuah informasi maupun berita.  Ini menjadi sebuah tantangan khusus bagi penyedia informasi untuk tetap mempertahankan eksistensinya di era serba internet seperti saat ini. Tidak sedikit yang menjadikan cara cara kurang baik untuk menarik pengunjung di situs mereka. Jika dibiarkan persaingan diantara penyedia informasi ini akan berakibat pada kebutuhan informasi yang dihasilkan. Salah satunya akibat yang ditimbulkan adalah munculnya istilah Hoax Informationatau berita hoax dikalangan penjelajah internet atau kita menyebutnya sebagai Netizen. Ini sangat merugikan tidak hanya bagi pencari informasi tetapi juga pemberi informasi. Selain itu jika dibiarkan adanya berita hoax yang menjamur akan menimbulkan perpecahan antar bangsa seperti yang terjadi pada kasus belakangan ini.

Dengan kemudahan akses berita maupun informasi, seorang netizen juga akan membutuhkan informasi disekitar lingkunganya. Hal ini dilakukan untuk menjaga diri maupun mengefisienkan waktu yang ada. Sebagai contoh, seorang netizen berhasil mendapatkan informasi mengenai perampokan di lokasi yang jaraknya 2 km dari tempat tinggalnya dan merupakan jalan yang biasanya dilalui setiap hari kerja. Setelah mendapatkan berita tersebut, netizen akan lebih mawas diri. 

Ini merupakan bukti bahwa berita yang terjadi di lingkungan sekitar adalah penting untuk diketahui. Lalu apa jadinya jika berita yang diperoleh netizen tersebut adalah merupakan berita hoax? Dilihat dari satu sisi mungkin baik, karena tidak ada yang dirugikan dengan adanya mawas dirinya netizen tersebut. Tapi disisi lain, jika netizen tersebut memutuskan untuk mengubah jalan menuju kantornya menjadi jarak tempuh 2 kali lipat dari biasanya, ini sangat merugikan baik dari segi waktu, tenaga maupun uang yang dikeluarkan. Lalu bagaimana agar kita terhindar dari berita hoax padahal kita sangat membutuhkan berita disekitar kita?Sebuah aplikasi berbasis mobile yang menawarkan informasi atau berita bagi para pengguna internet dan smartphone, sehingga memperoleh berita bukan hanya secara cepat dan tepat tetapi juga relevan tanpa takut adanya berita hoax. Dengan teknologi yang mengusung anti hoax akan memudahkan netizen dalam mendapatkan berita atau informasi yang anti hoax. Mengapa bisa demikian? Karena dengan menerapkan teknologi machine learning akan meminimalisir adanya berita hoax yang didapatkan oleh aplikasi ini. Selain itu besar kemungkinan untuk mendapatkan berita anti hoax. Aplikasi ini kita namakan Kurio.

Jika anda hanya akan mendapatkan satu berita dalam satu sumber berita, berbeda dengan berita yang anda dapatkan dalam aplikasi kurio. Berita yang disajikan di dalam aplikasi kurio ini tidaklah berasal dari satu sumber berita, melainkan berasal dari banyak sumber yang terpercaya dan sudah kredible di kalangan netizen. Anda tidak perlu takut untuk mendapatkan berita di Aplikasi Kurio ini, karena sebelum berita dimuat akan ada proses cek dan ricek dari berbagai sumber dengan tetap menerapkan teknologi terbaru machine learning. Sehingga berita yang dihasilkan sudah dipastikan kredibel, terpercaya, dan terkurasi secara ketat. Mengusung slogan #SelaluLebihTau Kurio memastikan seluruh informasi maupun berita ada di Aplikasi Kurio ini. 

Selain itu jika anda membutuhkan berita yang berada di sekitar anda, Kurio menyediakan fitur Lokasimu agar anda dapat dengan cepat memperoleh berita dari berbagai sumber di lokasi terdekat dengan anda. Fitur Lokasimu ini menyediakan pemilihan lokasi secara manual dan auto detect location untuk mendapatkan berita yang anda ingin temukan.  Jika anda memilih manual location, anda akan bebas menentukan tempat mana yang akan anda cari beritanya. Tetapi berbeda jika anda memilih auto detect location. 

Anda hanya akan memperoleh informasi dari tempat terdekat dari lokasi anda. Kedua fitur ini sesungguhnya merupakan fitur yang sangat bermanfaat bagi anda pencari berita, karena sama sama memiliki manfaat memberikan berita sesuai kebutuhan anda. Dengan adanya fitur semacam ini, tampaknya informasi atau berita tidak lagi sulit bagi anda dan anda tidak perlu takut lagi dengan adanya berita hoax. Kamu akan Selalu Lebih Tahu Berita di Sekitarmu.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x