Mohon tunggu...
prawito
prawito Mohon Tunggu... Sales - mahasiswa sistem informasi

mahasiswa universitas siber asia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sosial Capital dalam Era 21

28 Juli 2021   16:45 Diperbarui: 28 Juli 2021   16:48 27 1 0 Mohon Tunggu...

SOSIAL CAPITAL DI ERA PANDEMI

OLEH : PRAWITO_UNIVERSITAS SIBER ASIA

ABSTRAK

Modal sosial atau Sosial capital adalah suatu serangkaian nilai atau norma-norma informal yang dimiliki bersama diantara para anggota suatu kelompok masyarakat yang saling terkait, yang didasarkan pada nilai kepercayaan, norma, dan jaringan sosial. Saat ini indonesia sedang mengalami pandemi virus covid 19 dimana hal ini sangat berpengaruh dalam sosial capital yang ada di masyarakat , Undang-Undang No 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana menyebutkan bahwa epidemi dan wabah penyakit merupakan contoh bencana non alam. Upaya upaya telah di lakukan untuk menanggulangi bencana tersebut , misalkan vaksin dan juga pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM.


PENDAHULUAN

Permasalahan yang tengah di hadapi negara ini memang sangat berdampak besar bagi berbagai sektor , mulai dari ekonomi , pendidikan , politik , dan sosial dimasyarakat. Bagi sektor ekonomi misalnya , banyak perusahaan yang terkena dampak dari pandemi ini, misalkan pengurangan karyawan atau work from home yang dinilai kurang efektif dalam menjalankan roda perputaran ekonomi skala perusahaan atau organisasi.

Masalah sumber daya manusia yang berkompeten juga menjadi masalah baru dalam era 21 ini. Dimana sangat sulitnya mencari pekerjaandi tengah pandemi global ini , dan juga perusahaan sangat membutuhkan SDM yang mampu bekerja multitasking dimana hal ini merupakan tuntutan pekerjaan. 

Sumber daya manusia atau human capital merupakan modal yang sangat penting dan strategis pada sebuah kehidupan organisasi perusahaan. Investasi yang dilakukan untuk peningkatan sumber daya manusia ini tidaklah kecil jumlahnya, namun hasilnya sulit untuk dirasakan dalam jangka pendek. Perlu waktu lama dan kesabaran serta metode yang tepat untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang diinginkan. Salah satu modal yang melekat pada manusia adalah modal sosial atau social capital.

Sesuai dengan tugasnya , pemerintah juga sangat gencar dalam hal ini memberikan fasilitas penunjang bagi masyarakat untuk meningkatkan skill dalam bekerja mereka.


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN