Mohon tunggu...
Joni Prasetyo
Joni Prasetyo Mohon Tunggu... Freelancer - Desainer Grafis dan Ilustrator

Hi! Perkenalkan saya adalah seorang desainer grafis dan ilustrator, saya berasal dari kota Malang Jawa Timur Hobi saya adalah menggambar, membaca komik/artikel, dan saya juga suka menulis karangan cerita untuk komik.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

5 Tips Menghindari Rasa Takut Dinilai Orang

20 November 2022   19:41 Diperbarui: 20 November 2022   20:54 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Women more prone to depression after stroke, finds study | Health News – India TV (indiatvnews.com) 

Hai! kalau kamu tertarik untuk membaca artikel ini, masalah utama kamu adalah kamu nggak bisa berhenti mikirin apa yang orang lain pikir, misalnya lagi ngampus tiba-tiba teman ada yang ngomentarin pakaian yang lagi kamu kenain "lu kayak gak pernah ganti baju men, pakai baju itu mulu" Nah karena kamu pada dasarnya orang yang nggak bisa berhenti mikirin apa yang orang lain pikirkan, secara nggak langsung kamu jadi kepikiran terus, hari ini, besok, lusa, dan seterusnya. "Emang iya ya aku pakai baju ini terus?".  

Wah jangan-jangan selama ini orang-orang ngira baju kamu itu sedikit doang, padahal ya sebenarnya kalau misalnya dipikir,  mungkin aja emang karena kamu ketemu sama temen kamu itu sendiri seminggu sekali dan di hari itu kamu Kebetulan lagi pakai baju yang sama seperti minggu yang lalu. 

Atau contoh yang lain kamu kenalan sama orang baru terus mikir "dia mau enggak ya temenan sama aku, aku dianggap aneh nggak ya, rambut aku cukup kece enggak sih buat kenalan semua orang baru?" dan kecemasan kecemasan lainnya. Apa kamu kayak gitu susah banget buat bodo amat dengan komentar orang lain?

Nah kalau misalnya kamu masih sering merasa cemas takut dijudge sama orang lain, maka kamu lagi baca artikel yang tepat, karena setelah ini kamu akan belajar tips-tips supaya kamu bisa berhenti mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirin. Stay tune aja jangan lupa baca sampai habis.

1. Ubah Mindset

Yang pertama kamu harus mulai dari dasar adalah ubah mindset kamu. Selama ini mungkin kamu terlalu fokus sama apa yang orang lain pikirkan tentang kamu, tapi kamu lupa bahwa mungkin mereka juga sedang memikirkan apa yang sedang kamu pikirin.

Misalnya contoh yang tadi udah aku sebutin kamu suka insecure saat kenalan sama orang baru, kamu takut mereka mikir aneh-aneh tentang kamu tapi ketahuilah juga bahwa bisa jadi mereka juga memikirkan hal yang sama tentang kamu cara juga punya kecemasan mungkin mereka juga mikir "Apakah ini orang mau temenan sama aku?" Dan yang kamu harus pikirin banget untuk benar-benar masukkin mindset ini kepala kamu adalah kamu itu enggak spesial, orang lain juga enggak special, maksudnya kayak gini ketika kamu ngerasa insecure, ketika Kamu ngerasa "Apakah gue cukup, apakah ini orang mau sama aku?" ada kemungkinan juga mereka memikirkan hal yang sama karena pada akhirnya semua manusia itu enggak ada yang benar-benar berbeda banget. 

Memang semua manusia itu unik, tapi di dalam pikiran kita itu sebenarnya enggak seunik itu, lihat aja di sekitar kamu berapa orang sih yang cara hidupnya itu bener-bener beda sama kamu nggak banyak. Oke jadi stay positive aja, jangan mikir aneh-aneh dulu, kontrol emosi dan pikiran kamu.

2. Sadari Kalau Gak Semua Orang Akan Peduli

Yang kedua sadarilah bahwa kau tweet cuman angin lalu, ketahuilah bahwa sebenarnya orang lain itu enggak sepeduli itu, mungkin mereka notice tingkah laku atau kesalahan kamu selama beberapa saat, dan itu pun gak pasti sebenarnya. Tapi pada akhirnya mereka bakalan lupa juga, lihat aja temen kamu yang dulu digosipin selingkuh lah, bau ketek lah, dan semacamnya. Kadang emang orang masih ngomongin itu, I don't think so, gosip itu sifatnya sementara, percaya deh omongan-omongan nggak enak itu akan hilang dengan sendirinya, dan pada akhirnya orang akan lebih notice juga sama delivery ke diri sendiri.

3. Kenali Dirimu Lebih Dalam

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun