Mohon tunggu...
Prama R Putranto
Prama R Putranto Mohon Tunggu... Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan | Pendidikan Jasmani | Sebuah Novel Jam Sukat dan Peluit | Instagram : @pramagreatwarrior | Twitter : @pramaGW

Selanjutnya

Tutup

Video Ramadan Lebaran Pilihan

Meski Berpuasa Tetap Harus Ber-Karate Ria

29 April 2021   09:22 Diperbarui: 29 April 2021   09:24 403 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Meski Berpuasa Tetap Harus Ber-Karate Ria
Ber-Karate Ria dengan Intensitas Rendah Dapat Menjadi Alternatif Olahraga Ringan Sembari Menantikan Waktu Berbuka Puasa - Sumber : olahraga

Sangat disayangkan jikalau ketika sedang menjalankan puasa di Bulan Ramadhan hanya diisi dengan tidur sepanjang hari atau bermalas-malasan di rumah. Sebenarnya puasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan dahaga saja sepanjang hari. Puasa kita akan lebih bermakna jika diisi dengan kegiatan-kegiatan positif sehingga akan ada harapan bahwasannya setiap kegiatan positif yang kita lakukan bernilai ibadah dan membuat diri semakin produktif.

Ibadah puasa di Bulan Ramadhan tidak hanya berkaitan dengan spiritual saja namun juga berkaitan erat dengan kondisi fisik tubuh. Menjalankan ibadah puasa sepanjang hari dan sebulan penuh lamanya bukanlah perkara yang mudah. Banyak hal yang mempengaruhi apakah kita akan kuat dan nyaman menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan atau apakah sebalikanya, tubuh kita terasa letih, lesu, hingga bahkan jatuh sakit. Nah, sebagai langkah antisipasi agar hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, perlu rasanya mengatur pola hidup sehat kembali di bulan suci ramadhan.

"Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah SWT daripada mukmin yang lemah, dan pada keduanya ada kebaikan" - HR. Muslim

Tetap Harus Bergerak Berolahraga Meski Sedang Berpuasa

Berdasarkan hadist di atas jelas bahwasannya Allah SWT sangat menyukai dan mencintai mukmin yang kuat. Apabila tubuh kita sehat dan kuat maka akan lebih mudah dalam melakukan hal-hal kebaikan dan juga ibadah. Apalagi di Bulan Ramadhan yang suci ini, dimana selain berpuasa kita pun harus menjalankan ibadah-ibadah lainnya yang menuntut fisik prima. Misalnya saja ada qiyamul lail dan juga tadarus, butuh kebugaran jasmani yang baik agar dapat menjalani semua ibadah itu dengan aman dan nyaman. 

Meski berpuasa dan beratnya menahan lapar serta dahaga sepanjang hari, perlu rasanya mengatur pola hidup sehat kembali. Pola makan sahur dan berbuka puasa harus dipenuhi dengan makanan bergizi tinggi sebagai sumber energi. Lalu perlu juga untuk berolahraga agar tetap sehat, kebugaran jasmani terjaga, dan tentunya sistem imun tubuh meningkat sehingga tidak mudah sakit dan senantiasa sisap menjalai hari-hari di bulan nan suci ini.


.

Beladiri Karate Sebagai Alternatif Pilihan Olahraga Ketika Berpuasa 

Terdapat banyak opsi pilihan olahraga yang dapat dilakukan di sore hari menjelang berbuka puasa. Ada bersepeda, jogging, aktvitas gerak berirama, dan juga olahraga beladiri. Salah satu olahraga beladiri yang dapat menjadi alternatif pilihan olahraga yang tepat ketika berpuasa adalah Karate. Karate olahraga beladiri asal Jepang ini sangat cocok dilakukan sembari menantikan waktu berbuka puasa. Dengan bergerak dengan gerakan-gerakan beladiri karate yang akan membantu meningkatkan komponen kebugaran jasmani baik yang berkaitan dengan kesehatan dan juga ketrampilan.

Kihon, Kata, dan Kumite 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x