Prabu Bathara Kresno
Prabu Bathara Kresno PNS

Dalam Asa, Rasa, Cipta, Karsa dan Karya Kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Media

Lain Sisi: "Tancap Gas" Belajar ke Himbara, Siapkan Layanan Contact Centre PKH

12 Januari 2018   23:52 Diperbarui: 13 Januari 2018   09:00 628 0 0
Lain Sisi: "Tancap Gas" Belajar ke Himbara, Siapkan Layanan Contact Centre PKH
dokumentasi pribadi

Jakarta (12/1/2017) -- Kementerian Sosial kembali membuat sebuah gebrakan yang inovatif. Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik, Kementerian Sosial menyiapkan Layanan Pengaduan Masyarakat melalui layanan Contact Center Program Keluarga Harapan (CC PKH) 1500299 yang rencana akan diresmikan oleh Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, Jumat (19/1) mendatang.

Dalam upaya mempersiapkan hal tersebut, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Harry Hikmat melakukan kunjungan kerja ketiga bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara), yaitu Bank Mandiri, Bank BNI dan Bank BTN.

Menurut Harry, "Kementerian Sosial harus memiliki layanan CC PKH sebagai bentuk pelayanan public dan langkah mendekatkan diri kepada masyarakat."

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Pada kesempatan yang sama, Kementerian Sosial juga melakukan kerjasama dengan pihak Bank Mandiri untuk melakukan pelatihan petugas CC PKH.

"Pelatihan ini khusus untuk mempelajari hal tentang layanan CC agar dapat menjadi petugas CC PKH yang handal," ujar Harry saat membuka pelatihan CC PKH.

Pelatihan yang dilaksanakan di Menara Bank Mandiri Jakarta selama dua hari (12-13/1) tersebut diikuti sebanyak 22 orang Sumber Daya Manusia (SDM) Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial.

Lira perwakilan Bank Mandiri menyampaikan, diharapkan kerjasama dengan pihak Kementerian Sosial ke depan dapat lebih ditingkatkan.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Harry Hikmat bersama Noviantari selaku Sekretaris Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Nur Pujianto selaku Direktur Jaminan Sosial Keluarga, Rahmat Koesnadi selaku Kasubdit  Validasi, Anna Puspasari selaku Kabag Organisasi, Hukum,Humas dan Wahyono selaku Kasubag Kepegawaian, Emmy Widayati selaku Tenaga Ahli PKH.

dokpri
dokpri
Selanjutnya, kunjungan kerja Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial mendatangi kantor CC Bank BNI di kawasan BSD City Tangerang Selatan. Dalam kunjungan tersebut, Yohanes Iwan Kurniawan selaku Vice Presiden CC Bank BNI menjelaskan tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) CC, kebijakan mutu CC, smart kios, kantin kejujuran, ruang sela dan istirahat petugas, jenis layanan CC dan beberapa hal penting lainnya.

"Roadshow" kunjungan kerja tersebut diakhiri di Bank BTN Jakarta. Pada kesempatan tersebut, Direktur Consumer Bank BTN, Budi Satria bersama Managing Director Distribution Division Bank BTN, Dasuki Amsir serta Ramhot selaku Service Quality and Distribution Division Bank BTN mempersilahkan rombongan untuk melihat ruang CC Bank BTN.

img-20180112-wa0080-5a58e69ddd0fa843da178782.jpg
img-20180112-wa0080-5a58e69ddd0fa843da178782.jpg
Pada kesempatan tersebut, rombongan melihat secara langsung proses petugas CC BTN menjawab telepon dari customer, mempelajari dashboard CC, selain itu rombongan juga mengintip 'smart locker' petugas dengan warna-warna ceria, ruangan dan bangku yang friendly, cermin senyum utk mendorong kita selalu siap ramah membantu dan banyak hal lain yang bermanfaat juga dipelajari dalam kunjungan ini.

img-20180112-wa0013-5a58e6e5ab12ae2688657e72.jpg
img-20180112-wa0013-5a58e6e5ab12ae2688657e72.jpg
"Semua petugas CC Bank BTN harus selalu tersenyum saat menerima telepon dari customer. Sehingga, disetiap meja petugas disiapkan kaca sebagai media petugas CC melihat wajah mereka agar selalu tersenyum,' ungkap Ramhot.(KAS/JSK)