Mohon tunggu...
PMM UMM 66
PMM UMM 66 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Kami adalah anggota Pengabdian Mahasiswa oleh Masyarakat kelompok 66 gelombang 12 Universitas Muhammadiyah Malang yang beranggotakan : - A. Daffa Ardya E. Putra (Koordiator) - Dedy Ananda Wahyu Kurnia - Rafiq Rangguci - Fifi Farizsa Rahayaan - Vinda Fidiantika Maulidia

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

Kegiatan Bersih Pantai Oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

1 Agustus 2021   21:06 Diperbarui: 1 Agustus 2021   21:16 112 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kegiatan Bersih Pantai Oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang
Dokumentasi Persiapan Kegiatan Pembersihan Pantai Paseban

Kabupaten Jember, Sabtu (31/07/2021) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan kegiatan bersih pantai sebagai bagian dari pengabdian langsung kepada masyarakat melalui program Pengabdian Mahasiswa oleh Masyarakat (PMM).

Pembersihan pantai dilakukan mulai pukul 08.00 sampai 10.00 dengan melibatkan kepala desa paseban, perangkat desa, dan warga pantai. Ada alasan kami memilih Pantai Paseban sebagai tujuan progam kerja kami. Sering dikunjungi wisatawan dari luar kota. Pesatnya pertumbuhan wisatawan menjadikan kawasan pesisir menjadi tempat pengumpulan sampah, terutama sampah pastik. Lingkungan yang kotor membahayakan kesehatan warga pesisir dan membuat pantai tidak menarik. Oleh karena itu, melalui kegiatan PMM ini, mahasiswa UMM termotivasi untuk mengajak pejabat kota dan warga sekitar untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan ekosistem laut dengan membersihkan pantai dari tumpukan sampah.

Kegiatan bersih pantai ini dilakukan menurut kelompok kerja masing-masing dan tersebar di beberapa lokasi. Pembagian tugas dilakukan untuk meningkatkan efektifitas kerja dan juga dapat mempersingkat waktu kerja. Oleh karena itu, melalui kegiatan PMM ini, mahasiswa UMM termotivasi untuk mengajak pejabat kota dan warga sekitar untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan ekosistem laut dengan membersihkan pantai dari tumpukan sampah. Kegiatan bersih pantai ini dilakukan menurut kelompok kerja masing-masing dan tersebar di beberapa lokasi. Pembagian tugas dilakukan untuk meningkatkan efektifitas kerja dan juga dapat mempersingkat waktu kerja.

 Dari hasil kegiatan bersih pantai ini, sampah yang dominan di kawasan pantai adalah sampah plastik seperti sedotan, popok bayi, wadah makanan, minuman dan sendok plastik. Sebagian besar plastik yang ditemukan dalam keadaan rapuh dan mudah hancur menjadi butiran plastik yang lebih kecil. hancur, bahkan menjadi butiran kecil yang kita kenal sebagai mikroplastik.

 Tujuan dari kegiatan ini adalah aksi nyata mahasiswa UMM untuk membuat lingkungan sekitar dan masyarakat yang berlibur di Pantai Paseban terasa lebih nyaman karena kondisi pantai yang lebih bersih.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN