Mohon tunggu...
Hamdi
Hamdi Mohon Tunggu... Guru - Kelahiran Sumenep Madura , Freelancer Online

(Jangan pernah ragu meniru penulis lain. Setiap seniman yang tengah mengasah keterampilannya membutuhkan model. Pada akhirnya, Anda akan menemukan gaya sendiri dan menanggalkan kulit penulis yang Anda tiru)- William Zinsser

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Bersih-Bersih Rumah dan Ngecet

6 April 2024   03:51 Diperbarui: 6 April 2024   03:56 259
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Istock foto

Menyambut Idul Fitri, selain mempersiapkan diri secara spiritual, membersihkan rumah juga menjadi bagian penting dalam tradisi persiapan menyambut hari yang fitri ini. Bersih-bersih rumah tidak hanya sekadar rutinitas fisik, tetapi juga merupakan ekspresi kebersihan dan kesucian yang mencerminkan kesucian hati.

Menyapu, mengepel, dan membersihkan setiap sudut rumah tidak hanya menciptakan suasana yang menyenangkan, tetapi juga memberikan rasa tenang dan kedamaian bagi penghuni rumah. Proses membersihkan rumah ini seolah menjadi simbol untuk membersihkan diri dari segala beban dan dosa-dosa yang telah terjadi selama setahun.

Selain itu, bersih-bersih rumah juga merupakan cara untuk menyambut tamu-tamu yang akan datang berkunjung selama Idul Fitri. Dengan rumah yang bersih dan rapi, kita menyambut tamu dengan hangat dan nyaman, menciptakan suasana keramahan dan keakraban di antara kerabat dan teman-teman.

Namun, lebih dari sekadar rutinitas fisik, bersih-bersih rumah menyambut Idul Fitri seharusnya juga diiringi dengan membersihkan hati dan pikiran. Ini adalah waktu yang tepat untuk merenungkan perjalanan spiritual kita selama setahun terakhir, memaafkan dan memaafkan, serta memperbaiki hubungan yang mungkin tergores selama waktu yang telah berlalu.

Dengan bersihnya rumah, bersihnya hati, dan bersihnya pikiran, kita dapat menyambut Idul Fitri dengan penuh kegembiraan dan kedamaian. Ini bukan hanya tentang membuat rumah tampak indah, tetapi juga tentang menciptakan ruang bagi cinta, kedamaian, dan toleransi untuk bersinar dalam kehidupan kita sehari-hari.

Tips Ngecet Rumah

Berikut adalah beberapa tips untuk mengecat rumah dengan hasil yang optimal:

Persiapan Permukaan: Pastikan permukaan yang akan dicat sudah bersih dari debu, kotoran, dan cat lama yang mengelupas. Jika ada retakan atau lubang, segera perbaiki dengan menggunakan plesteran atau spak. Selain itu, pastikan untuk mengamplas permukaan yang kasar agar hasil pengecatan lebih merata.

Pilih Cat yang Tepat: Pilihlah cat yang sesuai dengan jenis permukaan yang akan Anda cat, misalnya cat tembok, cat kayu, atau cat logam. Pilih juga cat berkualitas baik yang memiliki daya tutup tinggi dan tahan lama.

Peralatan yang Tepat: Gunakan peralatan yang tepat seperti kuas, rol cat, atau sprayer sesuai dengan jenis dan ukuran permukaan yang akan Anda cat. Pastikan untuk membersihkan peralatan sebelum dan setelah penggunaan untuk hasil yang lebih baik.

Penggunaan Primer: Untuk permukaan yang belum pernah dicat atau memiliki permukaan yang tidak merata, gunakan primer terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan cat. Primer akan membantu meningkatkan daya rekat cat dan memberikan hasil akhir yang lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun