Mohon tunggu...
Pandji Kiansantang
Pandji Kiansantang Mohon Tunggu... Penulis - "Bahagia Membahagiakan Sesama"

Menulis itu Membahagiakan

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Penakut Dilarang Nonton Film Horor

6 Agustus 2022   10:33 Diperbarui: 6 Agustus 2022   10:42 244 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketiduran ketika nonton di bioskop ?

Sebagai "moviegoer" (rutin menonton film di bioskop), saya juga terkadang mengalaminya. Biasanya karena lelah (dan filmnya kurang menarik) "sengaja" tidur di tengah film sekitar setengah jam. Ternyata bagiku tidur di bioskop dengan suasana gelap dan AC yang dingin... walaupun tata suaranya menggelegar... merupakan salah satu "pengalaman tidur" terbaik bagiku (best sleeping experience)... sering tidur nyenyak, bahkan pernah ngorok.

Untungnya saya hampir tidak pernah kebablasan tidur sampai film berakhir. Biasanya terbangun sendiri 30 menit sebelum film selesai... jadi tetap bisa mengerti garis besar cerita filmya.

Tidur ketika nonton film di bioskop disebabkan 2 hal : "faktor internal" (kecapaian, kurang tidur)  dan "faktor eksternal" (filmnya tidak menarik alias membosankan).

Tapi untuk film horor yang menyeramkan (horrific), seperti "Pengabdi Setan 2 : Communion" ini ada saja penonton (apalagi yang nonton sendirian) yang begitu takut menontonnya sehingga memilih untuk "kabur" secara kesadaran : Tidur.

Ternyata ada beberapa reaksi penonton yang ketakutan ketika nonton  film horor. Respons umum adalah tutup mata ketika "jump scare".

Bagi yang nonton dengan pasangan, khususnya pacar, ini justru "momen romantis" : merangkul, menutup pandangan dengan bersandar ke pasangan sampai memegang tangan pasangan agar "dikuatkan". Bagi cowo inilah momen yang "menguntungkan" bisa berdekatan "mesra dalam ketakutan" dan bertindak sebagai "hero" : si pemberani yang "melindungi" cewenya yang ketakutan dan memberinya "ketenangan" dengan rangkulan, belaian dan ucapan lirih yang "menguatkan" pasangan.

Saya tidak masalah dengan yang pacaran (istilahnya "buat film dalam film") di bioskop, asal jangan berisik sehingga mengganggu kenyaman menonton.

Yang paling menyebalkan adalah yang ketakutan dengan menendang-nendang kursi di depannya : kursi saya. Kalau berkali-kali terjadi, pasti saya berbalik dan "memperingati" pelaku.

Paling mengganggu adalah yang takut menonton dan main HP. Lampu HP yang terang itu sungguh menyilaukam di tengah gelapnya bioskop. Jika durasi main HPnya lama, paling bisa menegor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan