Mohon tunggu...
Pandji Kiansantang
Pandji Kiansantang Mohon Tunggu... "Bahagia Membahagiakan Sesama"

Menulis itu Membahagiakan

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Belajar Jadi "Smart Writer" melalui Kelas Online Kompasiana

18 September 2020   06:46 Diperbarui: 18 September 2020   13:51 54 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar Jadi "Smart Writer" melalui Kelas Online Kompasiana
tangkapan layar

Semua orang pasti bisa memakai HP, tapi hanya sebagian orang yang memanfaatkan semua fitur di smartphone. Sebagian hanya memakainya untuk hal-hal yang dasar (basic) saja : menelpon, WA, medsos, dan internetan. Banyak fitur "advanced" pada Smartphone  yang tidak kita pakai karena tidak paham.  

Generasi milineal yang suka kutak katik sendiri HPnya biasanya tidak mengalami masalah ini. Tapi ini adalah "masalah" bagi generasi tua yang lahir sebelum era internet seperti Penulis. Sejujurnya kita ini "gatek" (gagap teknologi), generasi yang dulunya terbiasa membaca buku petunjuk (manual) lebih dulu sebelum mengoperasikan perangkat elektronik.

"Smartphone" (telepon cerdas) akan efektif di tangan  "smart people" (orang-orang cerdas), yaitu mereka yang dapat memaksimalkan fitur yang tersedia. Secanggih apapun perangkat jika digunakan secara "minimalis" maka akan mubazir segala kecanggihan teknologinya... dari "smartphone" turun derajat menjadi "regular phone"... Tidak ada bedanya dengan HP jadul zaman Nokia dan Ericsson...

Demikian pula bagi Kompasianer.... semua orang bisa menulis dan memposting di Kompasiana. Tapi tak semua bisa memanfaatkan berbagai fungsi Toolbar pada fitur Dashboard

Toolbar itu bagaikan "peralatan kerja" atau "senjata penulis"... yang dapat memperkaya "amunisi" seorang penulis. Dengan menguasai banyak "pilihan senjata", kita dapat "bekerja" lebih efektif dan efisien... menghasilkan artikel yang lebih berkualitas.

Mengambil perbandingan dengan smartphone, kita bisa memilih.. untuk tetap menjadi "penulis biasa" atau mau belajar untuk "meng-upgrade" diri menjadi "Penulis Cerdas" (Smart Writer yang mampu mendayagunakan fasilitas yang ada. Pilihan pertama menunjukkan sikap "berpuas diri", sedangkan pilihan kedua sesungguhnya lebih mencerminkan tabiat seorang penulis sejati : seorang "pembelajar seumur hidup". Pilihan ada di tangan kita...

kompasiana
kompasiana
PERTAMAKALI MENGIKUTI KELAS ONLINE KOMPASIANA

Pengalaman pertama pasti mengesankan,  khususnya dalam percintaan dan yang terkait dengan "passion" kita.

Sebagai "Debutan" Kompasiana, penulis antusias  untuk mengikuti "Kompasiana Blogshop : A to Z Kompasiana". Temanya menarik, yaitu "Maksimalkan fitur Dashboard dan Mainin Visual Artikelmu!". Jadwalnya : Kamis, 17 September 2030 jam 16.00,-17.00 dengan pemateri: Hafizhuddin dan M. Aulia Rahman (Content Moderator). 

Tayangan mundur setengah jam dan berlangsung 1 jam sampai selesai pada jam 17.35. Terlihat pada Live Chat ada beberapa peserta pamit karena delay ini. Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya jam setengah lima, tayangan dimulai. 

Sayangnya pada setengah awal tayangan ada gangguan gambar dan suara yang terputus-putus. Tapi karena niat belajar, penulis memilih "tetap setia" dan terus menyimak walau ada kendala-kendala ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x