Mohon tunggu...
Petrus Kanisius
Petrus Kanisius Mohon Tunggu... Belajar Menulis

Belajar menulis, suka membaca dan jalan-jalan ke hutan

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Mengenal Empat Kera Besar yang Tersisa

8 Maret 2016   18:25 Diperbarui: 8 Maret 2016   18:59 0 1 1 Mohon Tunggu...

Capture cover majalah GREAT APES SURVIVAL. Foto dok. YP.

Di dunia, tercatat hanya ada empat kera besar yang tersisa atau masih bertahan hidup. Akan tetapi dari keempat kera besar tersebut keadaan populasi dan habitat hidup mereka berupa hutan semakin tahun semakin berkurang, bahkan dapat dikatakan mereka terancam di habitat hidupnya. Apa sajakah empat kera besar tersebut?.

Empat kera besar yang ada di dunia tersebut terdapat di dua benua; Afrika dan Asia. Kera besar tersebut adalah Gorilla, Simpanse, Bonobo yang mendiami benua Afrika. Sedangkan kera besar lainnya adalah orangutan, yang terdapat di Asia, lebih tetapnya di Indonesia (Pulau Sumatera dan Kalimantan). Tiga kera besar terbagi dalam beberapa subspesies, sedangkan bonobo hanya satu spesies saja.

Peta sebaran empat kera besar di dunia. Capture dari majalah GREAT APES SURVIVAL. Foto dok. YP.

1.      Gorila (Gorilla)

Gorila terbagi dalam beberapa spesies, ada empat subspesies gorila yang mendiami benua Afrika.

1.      Western Lowland Gorilla (sub spesies; Gorilla gorilla gorilla) yang mendiami wilayah dataran rendah bagian barat, seperti di Congo, Gabon, Kamerun, Angola, Republik Afrika Tengah dan Guniea.

Saat ini, populasi Western Lowland Gorilla kurang lebih 150.000 individu yang masih tersisa, daftar status konservasi, memasukan Western Lowland Gorilla dalam status critically endangered (terancam punah).

2.      Cross River Gorilla (sub spesies; Gorilla gorilla diehli) yang mendiami wilayah perbatasan sungai, di kenal suka menyebrang sungai. Wilayah asal hidup mereka dari Nigeria dan Kamerun. Saat ini, populasi Cross River Gorilla tercatat sekitar 250-300 individu yang tersisa dan memasukannya ke dalam daftar terancam punah.

3.      Mountain Gorilla (sub spesies; Gorilla beringei beringei). Adapun habitat hidup gorila gunung terdapat di Afrika seperti di Rwanda, Uganda dan Congo. Populasi gorila gunung yang tersisa sekitar 800 individu dan masuk dalam daftar terancam punah.

4.      Estern Lowland Gorilla (sub spesies; Gorilla beringei graueri) yang mendiami wilayah dataran rendah bagian timur. Saat ini, populasi dari Estern Lowland Gorilla sekitar 2.000-10.000 individu. Sedangkan starusnya masuk dalam status endangered (terancam).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN