Mohon tunggu...
Pipit SafitriSugiarty
Pipit SafitriSugiarty Mohon Tunggu... Lainnya - Digital Marketing

"Apa pun yang kamu lakukan, lakukan dengan baik."

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Digital Marketing Mempermudah Pemasaran di Era Pendemi Covid 19

6 Desember 2021   12:43 Diperbarui: 6 Desember 2021   12:45 500
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Dewasa ini,  teknologi informasi semakin canggih telah mendorong terciptanya era digital  sehingga menyebabkan manusia memiliki ketergantungan terhadap teknologi, salah satunya adalah penggunaan media internet (Arif, 2019). aktifitas Internet dapat diakses dengan mudah dimanapun dan kapanpun melalui smartphone. Smartphone sekarang ini menjadi satu kebutuhan yang sangat penting dalam berkomunikasi dan mencari berita Segala aspek Pengguna internet di dunia dari hari ke hari mengalami perkembangan yang cukup pesat. Riset HootSuite menunjukkan tingkat pertumbuhan pengguna internet di Indonesia pada awal Tahun 2021 mencapai 202,6 juta jiwa dari total jumlah penduduk Indonesia yang saat ini adalah 274,9 juta jiwa dengan penetrasi internet mencapai 73,7 %. Rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu 3 jam  14 menit di platform jejaring sosial baik dengan tujuan hiburan maupun bisnis. Selain itu data dari laporan We Are Social dan Hootsuite jejaring sosial paling populer di Indonesia adalah YouTube dengan sekitar 94 %  populasi online menggunakan platform tersebut.

Berkembangnya penggunaan internet khususnya pada media sosial mempengaruhi punia pasar mengalihkan strategi berpromosi melalui media sosial karena institusi tersebut dapat secara otomatis melihat antusiasme pelanggan melalui insight  yang telah terdata secara otomatis pada media sosial yang digunakan. Berkembangnya pengguna internet juga mengubah cara pandang masyarakat dalam mencari informasi . internet marketing atau digital marketing merupakan inti dari sebuah ebusiness, dengan semakin dekatnya sebuah perusahaan terhadap pelanggan dan memahaminya secara lebih baik, menambah nilai dari suatu produk, memperluas jaringan distribusi dan juga meningkatkan angka penjualan dengan menjalankan kegiatan e-marketing berdasarkan media digital seperti pemasaran melalui search engine, iklan online dan afiliasi pemasaran. Dengan menggunakan digital marketing, sebuah bisnis dapat menjangkau target pasarnya dengan. Digital marketing adalah kegiatan marketing termasuk branding yang menggunakan berbagai media berbasis web seperti blog, web-site, e-mail ataupun jejaring sosial (Romadlon et al., 2020). penggunaan bisnis digital juga mempermudah pasar untuk mempromosikan penjualan mereka dan Penerapan teknologi digital marketing dengan memanfaatkan berbagai platform media di era digital saat ini dapat memudahkan para pelaku bisnis untuk membangun citra merek yang dikeluarkan baik dimata masyarakat eksternal maupun internal . Digital marketing yakni salah satu media marketing yang sangat besar memberikan pengaruh.

Pada setiap akun media sosial yang digunakan memiliki respon yang berbeda-beda pada setiap unggahannya mulai dari bertambahnya pengikut (followers), komentar mengenai unggahan, serta penyuka unggahan (likes) yang diharapkan nantinya akan mengakibatkan terjadinya penjualan produk. Beberapa pengguna social media untuk berbisnis banyak yang merasakan kenyamanan dalam penjualan online dimna  Keputusan pembelian produk di era digital ini terjadi berdasarkan sebagai mana iklan produk sering muncul di media sosial, dan konsumen merasa tertarik atau sesuai dengan produk yang dibutuhkan. Ikan media social dalam suatu produk mempermudah konsumen dalam mencari kebutuhan kebutuhan syang mereka butuhkan .media social juga sangat membantu dalam bugeting pemasaran yang sangat minim. Banyak pengusaha sukses yang bermula dari media social yang dimana mereka hanya berjualan Instagram, facebook, blog , dan media social lainnya. Banyak pengusaha sekarang saling bersaing di social media dengan membuat konten yang menarik agar dapat menarik para pelannggan untuk membeli penjualan.

Mempertahankan pelanggan bisa jadi lebih sulit dan memakan biaya daripada memperoleh pelanggan baru. Namun hasilnya sangat sebanding dengan usahanya. Digital marketing memungkinkan tim Anda untuk tetap menjalin komunikasi dengan para pelanggan menggunakan cara yang halus, akrab dan hemat biaya. Para pelanggan yang merasa diperhatikan akan lebih mudah mengingat merek produk atau jasa Anda dibanding saingan.

Seorang pelanggan yang setia pada produk atau jasa Anda juga lebih besar kemungkinannya untuk melakukan transaksi berulang kali membeli produk atau jasa lain yang Anda tawarkan dan bahkan menyarankan orang-orang di sekitar mereka untuk menggunakan produk atau jasa Anda.

  • Di Amerika Serikat, 40% pendapatan dari belanja online berasal dari pelanggan setia.
  • Menurut buku Paul Farris yang berjudul Marketing Metrics, seorang pelanggan setia memiliki kemungkinan membeli barang atau jasa lain yang Anda tawarkan 60-70 persen lebih tinggi daripada calon pelanggan baru. Hal ini berarti semakin banyak pelanggan setia Anda, semakin menurun pula biaya akuisisi pelanggan baru Anda.

Banyak cara dalam digital marketing yang membantu mengubah pelanggan yang baru melakukan pembelian pertama mereka menjadi pelanggan setia:

  • Email marketing: Anda dapat mengirimkan informasi produk dan layanan terbaru, kode promosi atau voucher belanja maupun informasi berguna bagi kehidupan pelanggan yang masih berkaitan dengan jenis usaha Anda. Hal ini akan membuat pelanggan merasa diperhatikan dan dapat mendorong terjadinya penjualan.
  • Aktivitas media sosial: Sebarkan akun media sosial bisnis Anda. Dorong pelanggan Anda untuk mengikuti akun medsos bisnis Anda untuk memudahkan mereka memperoleh informasi terbaru mengenai bisnis Anda dengan mudah.

    • Isi medsos bisnis Anda dengan informasi-informasi yang berguna dan relevan yang menarik bagi mereka. Jika suatu saat mereka memerlukan sesuatu yang berhubungan dengan bidang usaha Anda, merek Anda akan lebih cepat muncul di ingatan mereka.
    • Eksistensi di media sosial juga memberikan kesan bahwa brand Anda terbuka dan peduli kepada pelanggan karena di sana pelanggan dapat dengan bebas menyampaikan kesan, uneg-uneg dan masukan untuk bisnis Anda.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun