Mohon tunggu...
Siti Apriliani
Siti Apriliani Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Kecewa Menggunakan JNE YES

4 Oktober 2017   20:37 Diperbarui: 4 Oktober 2017   20:45 3762
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

KECEWA MENGGUNAKAN JNE YES

Saya ini pedagang online. Saya sudah tak asing lagi dengan urusan kirim mengirim barang. Kali ini saya akan berbagi pengalaman kekecawaan saya menggunakan jasa pengiriman JNE.

Biasanya, saya lebih sering menggunakan jasa POS. Tetapi karena satu dan lain hal, hari itu saya kirim barang menggunakan JNE. Saya menggunakan JNE YES yang sehari sampai karena permintaan pelanggan. Barang tersebut akan dipakai tanggal 5 oktober. Ada dua paket, yang satu saya kirim pada tanggal 2, yang satunya lagi tanggal 3, semuanya menggunakan JNE YES yang katanya sehari sampai. Tapi pada tanggal 4 pelanggan saya mengirim WA ke saya dan bilang bahwa barangnya belum sampai. Dua-duanya!

Saya langsung kaget, seharusnya barang yang dikirim pada tanggal 2 sudah sejak kemarin sampai. Karena saya kirim menggunakan JNE YES pukul 8 pagi. Saya protes ke JNE tapi direspon lama sekali. Sekalinya direspon pada saat barangnya sudah sampai, dan mereka hanya mengabarkan bahwa barang sudah sampai. Helow?? Saya ini protes karena katanya JNE YES sehari dijamin sampai, biayanya pun lebih mahal dibandingkan yang reguler. Kenapa 2 hari baru sampai?? Dan mereka hanya meminta maaf lantas mengatakan bahwa paket sudah diterima.

Kemudian pada malam harinya, masih tanggal 4, pelanggan saya mengirim pesan lagi bahwa paket yang satunya belum sampai. Saya menghela nafas lagi dalam-dalam, menahan emosi.

Saya sangat kesal dengan jne. Mereka ini niat tidak sih memberikan pelayanan pengiriman express sehari sampai?? Kenapa mereka seperti mempermainkan pelanggan. Saya kirim paket kedua itu tanggal 3 pagi hari juga, yang seharusnya tanggal 4 sudah sampai. Ini sampai malam belum sampai juga, jangan-jangan besok baru sampai?? Saya email lagi ke cust care JNE dan belum direspon. Saya curiga mereka akan merespon saat paket sudah diterima lagi.

Masalahnya disini, barang akan dipakai tanggal 5. Saya tau perasaan pelanggan saya pastilah panik, tanggal 4 malam paket belum sampai juga. Yang saya sesalkan disini adalah pelayanan JNE. Mereka sama sekali tidak memprioritaskan kepuasan pelanggan. Saya sudah beberapa kali mengalami hal ini. Dulu sekali saya juga pernah merasakan hal serupa, namun saya kira sekarang paling tidak sudah ada kemajuan. Eh ternyata lama tak menggunakan jne, pelayanan mereka masih sama saja.

Yang dikirim tanggal 2 memang sampai tanggal 4. Secara kasar bisa dikatakan tidak masalah karena barang dipakai tanggal 5. Tapi itu bukan masalahnya. Saya, dan pelanggan saya pastinya, rugi lah. Dia sudah membayar mahal untuk paket pengiriman express, malah datangnya tidak sesuai jadwal. Lalu apa bedanya dengan paket reguler yang juga kadang 2 atau 3 hari sampai?? Seharusnya jne berpikir, orang yang menggunakan paket express berarti dia memang sangat membutuhkan itu, dan harus datang tepat waktu. Atau apapun alasannya, tetaplah harus diprioritaskan.

Saat saya tanya ke jne, mereka beralasan bahwa pada tanggal 3 barang sudah dikirim namun pemilik rumah tidak ada atau kantor kosong. Saya kan sudah mencantumkan nomor telepon penerimanya di sana. Kalau tidak ada orangnya apa tidak bisa ditelepon atau setidaknya disms bahwa dia akan mengirim paket namun rumah kosong?? Untuk apa saya mencantumkan no telepon jika bukan untuk kepentingan itu. Atau, jika memang petugasnya bertanggung jawab, seharusnya dia datang lagi di jam lain saat sekiranya akan ada orang di rumah. Bukankah itu tugas kurir?? Mengantarkan paket tepat sasaran dan tepat waktu?? Apa gunanya paket sampai jika tidak tepat waktu?? Apalagi jika terlambat, barang yang saya jual ini kan berupa pernak pernik wisuda yang sangat sensitif masalah waktu. Jika telat, lantas untuk apa?? Sudah tidak ada gunanya lagi.

Lantas untuk barang yang saya kirim tanggal 3, sampai sekarang saat saya menuliskan ini, yaitu tanggal 4 malam hari barang tidak sampai-sampai juga, padahal akan dipakai besok. Bagaimana nasibnya? Saya tidak tahu. Kalau pelanggan protes, tentu akan protes ke saya, padahal ini semua adalah ulah JNE yang kurang bertanggung jawab. Saya bisa bilang apa?

Saya sudah sangat emosi dan kesal dengan pelayanan JNE. Sepertinya setelah kasus ini, saya tidak akan lagi menggunakan jasa JNE untuk mengirim barang jualan saya. Saya akan cari aman saja, mengirim menggunakan POS yang sampai sejauh ini tidak ada masalah. Saya membagi kisah ini mungkin saja ini berguna atau setidaknya ada yang bernasib sama seperti saya. Jika ada yang mau menggunakan JNE YES dan itu keadaan urgent, saya sarankan sebaiknya urungkan niat anda. Lebih baik menggunakan jasa lainnya yang tidak bermasalah seperti JNE ini. Sekian.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun