Mohon tunggu...
Yudha Adi Putra
Yudha Adi Putra Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Tidak Pernah Mati

Penulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Peluang Ekonomi Kreatif di Event Art Festival

1 Desember 2022   18:06 Diperbarui: 1 Desember 2022   18:09 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Peluang Ekonomi Kreatif di Event Art Festival

Sebuah Feature Karya Yudha Adi Putra

Sudah mulai mendekati hari event art festival dengan berbagai kemeriahannya. Sepekan sudah mulai muncul berbagai pelaksanaan kegiatan yang bersamaan dengan adanya bulan bahasa. Banyak kegiatan kebudayaan yang dapat menjadi daya tarik masyarakat dari pelaksanaan menuju peringatan hari event art festival. Dalam tema mengenai sulih, pulih, luwih menghadirkan semangat penempaan diri, refleksi untuk memperbaiki diri, hingga bermanfaat bagi orang lain.

Keberadaannya untuk memperbanyak dampak baik dalam hidup bersama di event art festival. Dengan semangat seperti itu diharapkan semua anggota maysrakat bisa lebih memiliki prinsip bersama dalam menjalani kehidupan dan persoalan pembangunan di event art festival. Tentu dalam bentuk kemampuan melihat persoalan serta memiliki alternatif dalam merespon untuk lebih melihat jauh ke depan.

Pada pandangan yang lain ternyata menjadi aktivitas sekaligus momen dengan daya ubah. Kegiatan kebudayaan dengan berbagai peran sertanya membawa pergerakan ekonomi yang kreatif dengan nilai keberlanjutan sekaligus bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini dapat dijumpai dengan adanya kegiatan kebudayaan dalam rangka event art festival. 

Akan ada pasar dadakan di pinggir-pinggir jalan yang menjual berbagai bentuk makanan tradisional mau pun bentuk kreasi makanan masa kini. Tentu menjadi pendamping dalam kegiatan kebudayaan yang semakin banyak dan meriah. Transaksi jual -- beli makanan yang ada dapat menjadi peluang bertemunya pembuat makanan dengan pembeli.

Momen bertemu ini bisa menjadi pengembangan ekonomi kreatif, bahkan setelah acara event art festival sudah selesai. Itu menjadi potensi tersendiri dalam momentum event art festival berkaitan dengan peluang ekonomi kreatif.

Kreasi dalam Ekonomi Kreatif yang Potensial

Ketika memasuki berbagai bentuk kegiatan kebudayaan, hampir di setiap tepi tempat diadakannya kegiatan akan dipenuhi dengan masyarakat yang tertarik untuk menikmati momen bersama. Dalam keramaian itu, akan ada banyak penjual makanan yang menjajakan dagangannya sembari menikmati kegiatan kebudayaan dalam rangka hari jadi kota event art festival.

Berbagai perjumpaan akan terjadi, perkenalan akan bentuk makanan tradisional mau pun modern menjadi bentuk awal akan adanya kreasi dalam ekonomi kreatif. Akan ada berbagai bentuk makanan yang sesuai dengan minat masyarakat yang nantinya menemani mereka dalam menikmati kegiatan kebudayaan dalam rangka event art festival. 

Menariknya, itu juga menjadi momen dengan kreasi ketika muncul bentuk pemasaran dan kreasi pengemasan makanan. Peluang menjadi media akan muncul, dimana setiap kreasi ekonomi dengan bentuk yang potensial membawa dampak baik. Bentuk makanannya beragam, ada yang berupa makanan tradisional hingga kreasi makanan instan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun