Mohon tunggu...
Wahyudi Iskandar
Wahyudi Iskandar Mohon Tunggu...

twitter: WAHYUDI ISKANDAR facebook: WAHYUDI ISKANDAR googl+: WAHYUDI ISKANDAR Fanpage: WAHYUDI ISKANDAR

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kembangkan Potensi Diri dengan Cara Berikut Ini

5 April 2018   21:49 Diperbarui: 6 April 2018   12:22 0 0 0 Mohon Tunggu...
Kembangkan Potensi Diri dengan Cara Berikut Ini
koleksi pribadi

Penghambat potensi diri itu memang selalu ada. Namun, janganlah biarkan diri tidak berkembang. Lakukan segala cara untuk mengembangkan potensi diri, untuk menjadi manusia yang berhasil di dunia dan akhirat. Maka ada cara untuk mengembangkan potensi diri, untuk menjadi manusia yang lebih baik. Dengan begitu, impian manusia untuk sukses dunia dan akhirat dapat tercapai.

1. Ketahui Diri Sendiri

Ketahuilah terlebih dahulu diri sendiri. Ketahui mengenai kemampuan diri, batasan diri, sifat diri, hal apa saja yang harus diperbaiki, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui diri sendiri, tentu akan semakin mudah untuk mengembangkan potensi diri.

Kenapa perlu untuk mengetahui diri sendiri?

Karena mengetahui diri sendiri itu sangat sulit, lebih sulit daripada mengetahui diri orang lain.

Ada pepatah yang mengatakan:

"Kesalahan orang lain walaupun sebesar semut itu mudah terlihat, namun kesalahan diri sendiri, walaupun sebesar gajah itu sulit terlihat"

seperti itulah gambaran mengenai sulitnya mengetahui diri sendiri. Termasuk kesalahan diri sendiri, itu sangat sulit sekali. Mengetahui kelemahan diri, bahkan mengetahui kelebihan diri sendiri juga sangat sulit. Maka dari itu, mulailah ketahui diri sendiri lebih mendalam, meskipun itu sulit.

2. Tentukan Tujuan Hidup

Manusia akan menjadi orang yang malas, tidak bergairah, dan mudah putus asa jika tidak mempunyai tujuan hidup. Manusia akan bersemangat, mengambil segala tantangan dan risiko, dan tidak mudah menyerah kalau mempunyai tujuan hidup. Pertanyaannya, bagaimana caranya untuk mendapatkan tujuan hidup?

Ada berbagai cara untuk mendapatkan tujuan hidup. Bisa dengan pengalaman selama ini, misal dengan traveling, bermimpi, dan yang paling mudah adalah belajar. Belajar, belajar, belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x