Sekali lagi, Surabaya unjuk gigi. Sebagai kota metropolitan di Jawa Timur, Surabaya mampu meraih Socrates Award kategori Future City dari Europe Business Award (EBA) Oxford pada 2014. Dengan tangan dingin Tri Rismaharini, Surabaya bolak-balik mendulang penghargaan kota. Prestasi tersebut menunjukkan kedinamisan perkembangan kota, potensi sumber daya, dan peluang investasi di pusat Jawa Timur tersebut. Surabaya memiliki posisi strategis, berbatasan dengan Selat Madura di sisi utara dan timur, lalu bertemu dengan Kabupaten Sidoarjo di sisi selatan dan Kabupaten Gresik di Barat.
Di selatan Kota Pelabuhan Surabaya, terdapat Malang yang menyimpan potensi wisata. Kota kedua terbesar di Jawa Timur tersebut menyimpan beragam potensi bisnis yang cukup menjanjikan. Sebagian besar wilayah Malang merupakan daerah pegunungan yang memiliki iklim sejuk dan sangat potensial untuk dikembangkan sebagai daerah pertanian. Hawa pegunungan yang menyelimuti Kabupaten Malang menjadikan daerah tersebut sebagai salah satu daerah pertanian yang cukup subur. Pesona alamnya menawarkan peluang investasi di bidang wisata.
Jawa Timur masih menyimpan potensi emas bagi Anda yang ingin berinvestasi. Surabaya dan Malang memiliki kedudukan yang sangat strategis, baik dalam skala regional maupun nasional sebagai pusat pelayanan produksi, distribusi barang dan jasa, serta memiliki prospek perkembangan yang sangat pesat.
Untuk berinvestasi di kedua kota ini, referensi bisnis sangatlah penting, termasuk riset geografis. Peta Metropolitan Jawa Timur, yang dikembangkan oleh Dr. Riadika Mastra, adalah salah satu referensi penting sebelum Anda berinvestasi. Menyajikan lokasi penting di Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Lawang, Batu, Malang dengan gambaran yang lengkap dan akurat. Dilengkapi pula dengan indeks pencarian alamat dengan berbagai kategori membantu kita mempercepat menemukan lokasi bisnis yang kita inginkan.
Cara terbaik dalam menemukan suatu lokasi bisnis di kawasan ini adalah dengan mengomparasi peta Metropolitan Jawa Timur dengan melihat fungsi kota Surabaya berlandaskan kebijakan dari PEMKOT Surabaya 2009 tentang RTRW pusat bisnis di Surabaya Timur, seperti kawasan Kertajaya, Mulyosari, dan sekitar Sukolilo, begitu juga di Surabaya Barat dan Selatan seperti area HR Muhammad yang ditandai dengan berdirinya sentra bisnis baru, kawasan perkantoran, kawasan ruko, dan tak ketinggalan, mall mewah.
Dr. Riadika Mastra, yang telah sukses mengembangkan seri peta megapolitan untuk kawasan JABODETABEK sebagai peta terakurat dan terlengkap, kembali menyajikan seri megapolitan Jawa Timur. Dengan keakuratan lokasi dan informasi geografis, temukan peluang investasi Anda dalam Megapolitan Jawa Timur!
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI