Mohon tunggu...
Anwar Effendi
Anwar Effendi Mohon Tunggu... Jurnalis - Mencari ujung langit

Sepi bukan berarti mati

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Nyaris Celaka karena Tidak Kuat Nanjak ke Kawah Putih

27 Maret 2020   04:12 Diperbarui: 27 Maret 2020   13:21 1092
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Wisatawan bisa foto di atas genangan air mirip danau di puncak Kawah Putih.

Dari sekian banyak objek wisata yang pernah dikunjungi, Kawah Putih Gunung Patuha Ciwidey Kabupaten Bandung,  merupakan salah satu yang tidak bisa dilupakan. Bagaimana tidak, di tempat itu, saya dan istri serta anak bungsu nyaris mengalami kecelakaan.

Ini juga jadi pengalaman berharga dan bisa jadi panduan bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Kawah Putih, khususnya lagi yang menggunakan motor. Sebenarnya, di lokasi tempat saya nyaris mengalami kecelakaan sudah ada rambu peringatan.

Pengelola objek wisata Kawah Putih memasang peringatan bahwa setiap kendaraan yang melintas, menjelang tanjakan akhir ke puncak Kawah Putih, diupayakan menggunakan gigi terkecil.

Entah karena teledor atau tidak mengetahui medan, serta tidak melihat rambu peringatan, saya yang menggunakan motor telat memindahkan ke gigi kecil. Akhirnya motor yang mengangkut tiga penumpang ini tidak kuat menanjak.

Hati saya sudah degdegan, mengingat membawa istri dan si bungsu yang baru berusia empat tahun. Bayangan saya, motor tidak akan menanjak dan bakalan merosot tajam tak terkendali turun ke bawah.

Komunitas motor membawa keluarganya jalan-jalan ke Kawah Putih Ciwidey.
Komunitas motor membawa keluarganya jalan-jalan ke Kawah Putih Ciwidey.
Di saat pikiran kalut, yang Maha Kuasa masih melindungi kami. Saya waktu itu berusaha menyeimbangkan kendaraan agar tidak merosot ke bawah, walau dalam hati usaha ini akan berakhir sia-sia. Beruntung dari arah bawah, ada dua motor yang dikemudikan anak muda.

Mereka langsung memarkirkan motor ke pinggir dan turun mendekati motor saya yang hendak jatuh ke bawah. Mereka berhasil menahan laju mundur motor saya. Alhamdulillah. Hati saya benar-benar plong. Saya sudah bekeringat. Istri saya pucat pasi. Ternyata ada dua anak muda yang menyelamatkan kami dari kecelakaan.

Peristiwa itu benar-benar tak terlupakan. Kami juga tak akan melupakan pertolongan kedua anak muda itu, yang begitu sigap. Mereka bilang, memang di lokasi itu sering terjadi kecelakaan. Banyak wisatawan tidak hapal medan jalan yang menanjak curam.

Saya sebenarnya tidak sendiri menggunakan motor, melainkan ikut rombongan komunitas motor, yang saat itu berjumlah 15 motor. Namun rekan-rekan berhasil memacu kecepatan tinggi, sementara saya tertinggal di belakang. Dan di lokasi saya nyaris celaka, saya menghabiskan waktu sekitar 15 menit.

Teman-teman yang sudah sudah sampai duluan di puncak Kawah Putih merasa curiga saya tidak muncul-muncul. Beberapa di antara mereka akhirnya menyusul ke bawah untuk mengecek kondisi saya. Setelah bertemu, saya ceritakan kejadian yang hampir membuat, saya, istri dan anak nyaris celaka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun