Mohon tunggu...
Pejuang Literasi
Pejuang Literasi Mohon Tunggu... Guru - Penulis Amatir

Lakukan yang terbaik untuk hasil terbaik. Gunakan cara tidak biasa untuk menjadi luar biasa.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Update Status di Medsos, Penting atau Penting Banget?

25 Januari 2020   10:50 Diperbarui: 9 April 2021   16:40 3965
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menggunakan aplikasi sosmed (sosial media) untuk update status (Sumber : Christian Wiediger via unsplash.com)

Dunia makin rame sama yang namanya media sosial (medsos). Banyak banget platform medsos yang berkembang biak di masyarakat. Instagram, facebook, twitter, bahkan whatsapp udah jadi makanan favorit.

Gw paling risih sama orang yang ngeributin status di medsos. Bukan dari isi statusnya, tapi dari cara orang nanggepin update-an status itu sendiri. Statusnya sih gak masalah, selama isinya gak ada maksud buat nyindir, ngerendahin, atau menghina. Yang jadi masalah, cara orang menyikapi update status orang lain.

Pasti masih bingung arahnya mau kemana, yekans? Hahaha...

Beberapa hari yang lalu, temen gw (sebut aja si mawar) sempet cek cok sama temen gw yang lain (sebut saja melati). Pertamanya gw cerita sama mawar.

"Eh bray, lu ngeliat statusnya melati ga?" Gw nanya gitu bermaksud buat ghibah bersama. Pan kalo sama-sama tau, jadi nyambung ghibahannya.
"Kagak. Status yg mana?", kata mawar.
"Dih, masa gak liat. Status yg di wa"

Terus gw tunjukin statusnya melati ke mawar.
"Lah! Kok di gw ga ada statusnya dia si?!" Abis itu, si mawar negorin melati. Dia sampe agak ngebentak gitu si.
"Eh, kok gw gabisa ngeliat status elu?"
"Status yg mana yak?" Kayaknya si melati pura-pura bodoh (atau emang bodoh beneran? Haha)
"Coba liat hape lu sini, jangan-jangan status gw dikecualikan!"
"Dih, apaan si. Iya, elu emang gw kecualikan dari status gw. Mau apa?"
"Oh, gitu. Oke, cukup tau gw."
Si mawar nyamperin gw sambil nunjukin aksinya. Apa yg dia lakukan saudara-saudara? Iya, dia ngapus kontaknya melati.

Gaesss, sumpah. Ini tuh ga ada manfaatnya. Mereka itu bisa berantem, ribut, bahkan ngapus kontak cuma gegara status yang dikecualikan. Gw masih belum paham, faedahnya apa si ngeributin status medsos yang dikecualikan? Emang kalo ngeliat status orang, kalian bakal berpengetahuan luas? Emang status orang yang kalian liat bisa nguntungin kalian? Sepenting apa sih ngeliat atau nyembunyiin status orang?

Gw mencoba cermati isi status dari masyarakat +62. Dari situ, gw bagi kriteria status berdasarkan isinya. Status gak penting, status penting, dan status penting banget.

1. Status gak penting

Status yang isinya gak penting buat yang ngeliat. Isinya tentang kegiatan harian, liburan, foto makanan, boomerang, dan sejenisnya. Status gak penting juga bisa isinya teks. Kadang isi teksnya itu tentang keluhan hidup, cacian, nyinggung, nyindir. 

Bray... Kalo orang ada salah, mending ditegorin langsung, bukan malah update status.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun