Mohon tunggu...
Susy Haryawan
Susy Haryawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - biasa saja htttps://susyharyawan.com

bukan siapa-siapa

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Natalius Pigai Jenius, Ganjar Berkibar

10 Oktober 2021   09:52 Diperbarui: 10 Oktober 2021   09:54 557 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Natalius Pigai Jenius, Ganjar Berkibar

Survey terbaru nama Ganjar makin berkibar. Nama ini akan makin melejit karena banyak momen krusial yang justru membuatnya makin naik. Kejeniusan Natalius Pigai menyoal keberadaan Ganjar dan Jokowi ke Papua malah makin mengerek namanya. Perdebatan ini masih akan panjang, karena kedua kubu masih ngotot untuk membawa ke ranah hukum

Ganjar sih tidak akan ribet dengan pernyataan. Toh ada relawan dan banyak pihak yang tentu saja menggunakan kesempatan ini untuk menjadikan Ganjar sebagai bahan pembicaraan. Hal yang wajar dalam hal politik. Permainan, strategi, dan apapun dilakukan demi  mendapatkan simpati, empati, dan ujungnya adalah pilihan tetap dalam pemilihan.

Penempatan nama Ganjar dan Jokowi secara sejajar, ini sebuah keputusan besar maknanya bagi pemain politik. Ganjar sudah setara dengan Jokowi. Ini penting, bagaimana banyak nama dan banyak pihak sudah kampanye, eh Gubernur Jawa Tengah ini malah sudah disejajarkan begitu saja. Masalah bingkai atau frame secara umum tidak positif, itu bukan masalah.

Pilihan yang sangat tepat, bukan menurunkan Jokowi, namun menaikan sangat tinggi posisi Ganjar. Toh ia sekelas Gubernur Jawa Tengah, bukan DKI yang memang setaraf menteri. Mengatrol cukup banyak, dengan embel-embel pembicaraan terus menerus lagi.

Apa sih yang sudah dirampok Ganjar? Ini soal yang tidak lagi menjadi penting. Yang utama adalah nama Ganjar terus dibicarakan, bukan dalam konteks yang buruk. Tidak menganut politik cemar asal tenar.

Jeniusnya Natalius Pigai lagi adalah, ini bukan inisiatif Ganjar secara faktual di depan mata. Entah jika di balik layar. Berbeda dengan kompetitor lain yang memang sudah sangat ngebet, selalu menciptakan panggung, yang berujung bullyan, paradigma pokok menjadi pembicaraan, meski buruk sekalipun tidak menjadi soal.

Tarik menarik, saling lapor, antara Natalius Pigai dan pihak yang proGanjar itu jelas berdampak bagus bagi "kampanye" kubu pendukung Ganjar. Ada momen tercipta tanpa susah-susah, bagus, nasional lagi skalanya. Seperti mendapatkan durian runtuh.

Pernyataan yang dilontarkan Natalius Pigai membawa dampak sangat signifikan. Bagaimana orang-orang Papua, berbagai kelompok mendatangi Ganjar dan menjadikannya idola baru. Ini adalah embrio pemilih yang cukup penting.

Keberadaan Papua itu secara politis tidak banyak orang pilih. Suaranya relatif  kecil. Orang-orang politik, biasa berkutat di Jawa, Barat, Tengah, Timur, Sumatera Selatan dan Utara, Sulawesi Selatan, lumbung-lumbung suara yang sangat besar.

Memegang Papua itu adalah perhatian, bukan semata memenangkan pemilu. Betapa lama Papua menjadi seolah anak pungut. Padahal mereka banyak memberikan kepada Republik Indonesia. Malah perhatian saja sangat lemah. Pemimpin yang memberikan hati dan Papua juga menerima dengan terbuka itu menjadi penting.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan