Mohon tunggu...
Susy Haryawan
Susy Haryawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - biasa saja htttps://susyharyawan.com

bukan siapa-siapa

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Johnny Plate dan Persembahan Dunia Digital Indonesia

24 Juli 2021   19:02 Diperbarui: 24 Juli 2021   19:06 227 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Johnny Plate dan Persembahan Dunia Digital Indonesia
Sumber Ilustrasi: kompas.com

Johnny Plate dan Persembahan Dunia Digital Indonesia

Presiden Jokowi, waktu menjadi capres dan debat, ia menyatakan bagaimana potensi dunia perdagangan digital kita sangat besar. Ini adalah peluang. Ke depan pola hidup manusia berubah menjadi daring.

Penduduk Indonesia termasuk sangat besar. Pengguna internet terbesar pula. menurut hasil survey dari Asosiasi Penyelenggara  Jasa Internet Indonesia  (APJII) pada periode  2019, kuartal II/2020, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 196,7 juta jiwa. Jumlah ini meningkat 23.5 juta atau 8.9% dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Tentu saja dengan adanya pandemi ini, angka pengguna internet jauh akan lebih tinggi dari angka tersebut. Adanya keadaan yang mmbuat orang untuk lebih aman di rumah. Jelas pendidikan saja hampir seluruhnya dari rumah, itu perlu yang namanya internet untuk bisa terhubung satu sama lain.

Kini, saat-saat ini, keadaan duka hampir setiap saat terdengar. Karena keadaan orang jadi tidak akan bisa terhubung secara langsung. Ucapan, empati, dan dukungan mengalir deras dari media dan media sosial. Termasuk kadang upacara peringatan arwah pun bisa saling terhubung dengan leluasa karena adanya teknologi.

Infrastuktur sudah digeber dengan sangat baik. Johnny Plate telah melakukan tugasnya dengan sangat baik. Satleit sudah diluncurkan untuk menunjang itu. jaringan 5G di banyak kota sudah dimulai percepatan untuk membuat masyarakat lebih nyaman dan lebih puas dengan layanan internet.

Toh tidak ketinggalan, dengan pembangunan BTS di daerah terluar itu juga salah satu upaya untuk ikut membangun komunitas digital juga sampai pada daerah terjuh negeri. Mereka juga anak bangsa. Johnny Plate bekerja dengan relatif baik untuk semua lini kepentingan demi digitalisasi kehidupan bersama.

Infrastruktur itu penting. Pembangunan fisik, berupa satelit, jaringan, BTS itu memang sangat penting. Namun, ternyata Johnny Plate tidak melupakan sisi manusianya. Bagaimana manusia yang mampu mengoperasikan dan juga menggunakan internet dan dunia digital dengan mahir dan terdidik.

Pembangunan pendidikan itu penting. Nah, Johnny Plate mengembangkan dari sekolah tinggi menjadi universitas. Presiden Jokowi sudah setuju. Tidak hanya satu di Jogjakarta saja, namun akan juga dibangun di beberapa kota besar pusat pendidikan yang sudah kita kenal selama ini.  

Institut Digital Nasional University adalah pengembangan dari Sekolah Tinggi Multimedia. Pada tahun 2022 tahun depan sudah siap untuk mendidik anak negeri dalam mengembangkan dan menciptakan talenta digital Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN