Mohon tunggu...
Patrik Tatang
Patrik Tatang Mohon Tunggu... Peneliti, Pengamat, Penulis Lepas

Seorang Analis, Peneliti Independen. Perhatian utama pada Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Konsolidasi Bangsa ala Jokowi (Gotong Royong)

24 Oktober 2019   01:20 Diperbarui: 24 Oktober 2019   09:20 0 0 0 Mohon Tunggu...

Konsolidasi Bangsa ala Jokowi dan Kebesaran (Greatness) Jiwa dalam Memimpin.
Visi Misi GOTONG-ROYONG.

Manusia modern kebanyakan mengutamakan kemandirian dalam mengamankan keberlangsungan hidupnya, dengan kemandirian kita membentuk karakter yang tangguh, akan tetapi dalam era yang semakin kompleks dan padat (crowded) dengan banyak nya populasi manusia2 terampil dan ahli bermunculan maka kemandirian menjadi semakin tidak penting (insignificant).

Apakah yang lebih bernilai daripada Kemandirian (Independence)?

Steven R.Covey dalam karya lanjutan dari 7 Kebiasaan Manusia Paling Efektif yaitu Kebiasaan Ke-8 Dari Efektifitas Menuju Kebesaran (Greatness), menyatakan bahwa "Saling Ketergantungan" (Interdependence) memiliki nilai yang lebih tinggi daripada Kemandirian (Independence).Kebiasaan Ke-8 adalah "Temukan SUARA anda dan menginspirasi orang lain agar menemukan SUARA mereka".

SUARA dalam konteks ini merupakan istilah tanda (Code) yang digunakan oleh Covey untuk "Signifikansi Pribadi yang Unik" atau Kepribadian Utama yang Penting dalam diri/karakter setiap individu.

Sehingga seseorang yang efektif dapat berlanjut menjadi seseorang yang berjiwa besar, sebuah Kebesaran dalam Hidup yang mempengaruhi dan menginspirasi orang lain untuk menemukan kebesaran dalam dirinya masing-masing.Dari Kemandirian menuju Saling Ketergantungan untuk membangun Bangsa Indonesia yang Besar ini. Nenek Moyang Bangsa Indonesia sudah memiliki Konsep "GOTONG-ROYONG" yang merupakan Kearifan Lokal ala Indonesia untuk "Saling Ketergantungan" sebagaimana yang dimaksud Stephen R.Covey di atas.

#GotongRoyong #Kabinet_Indonesia_Maju
#Konsolidasi_Pancasila #TRISAKTI


Selamat Malam, Kendalikan "Ego Sektoral", selamat bertugas.