Mohon tunggu...
Pande KadekRita
Pande KadekRita Mohon Tunggu... pande kadek rita juliani

prodi akuntansi FEB unmas denpasar

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Manfaat Pasar Modal, Tahukah Kalian?

27 Maret 2020   12:24 Diperbarui: 27 Maret 2020   12:43 28 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Pasar Modal, Tahukah Kalian?
koleksi pribadi

Pande Kadek Rita Juliani, prodi akuntansi FEB unmas denpasar 

Sebelum membahas ke manfaat pasar modal yang perlu diketahu terlebih dahulu adalah apa itu pasar modal.

Pasar modal adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli atau tempat bertemunya seseorang yang membutuhkan dana dengan seseorang yang ingin memberikan dana dalam rangka untuk memperoleh modal. Dimana yang biasanya diperjualbelikan adalah instrumen-instrumen pasar modal seperti saham, obligasi, reksadana, surat utang negara, dan surat berharga lainnya.

Setiap pihak yang berkecimpung dalam transaksi pasar modal tentunya ingin mendapatkan manfaat atau keuntungan. Berikut adalah manfaat atau keuntungan pasar modal secara spesifik sesuai dengan perannya masing-masing.

Manfaat pasar modal

1. Manfaat pasar modal bagi negara

    Dengan adanya pasar modal manfaat utama yang diperoleh negara adalah mendapat keuntungan untuk kepentingan seluruh rakyat.

     Berikut adalah manfaat pasar modal bagi negara :

  • Pasar modal adalah sumber pendapatan negara, sumber pendapatan yang dimaksud disini adalah dari pajak. Dengan adanya berbagai macam transaksi di pasar modal maka negara bisa menarik pajak dari pihak yang melakukan transaksi. Sehingga pajak yang dipungut akan masuk ke kas negara yang kemudian akan dimanfaatkan untuk kepentingan umum.
  • Roda perekonomian dapat berjalan dengan adanya pasar modal, laju roda perekonomian suatu negara biasanya dipengaruhi dari laju perputaran uang yang terjadi dalam transaksi jual beli istrumen investasi. Dampak yang biasanya langsung dirasakan adalah semakin terbukanya peluang perusahaan untuk tumbuh bersama investor yang membeli instrumen investasi.
  • Menarik investor asing agar ikut menanamkan modalnya di dalam neger, dengan adanya pasar modal , maka pemerintah juga dapat mengambil kesempatan tersebut untuk menarik investor asing. Dengan adanya persaingan yang sehat dan perusahaan yang memiliki daya saing tinggi, maka investor asing akan bersemangat investasikan dana mereka.
  • Tempat bagi negara untuk menjual wurat berharga kepada investor,di pasar modal negara juga bisa melepas obligasi yang bisa dibeli oleh investor. Ini sangat berharga jika negara sedang membutuhkan dana.

2. Manfaat pasar modal bagi masyarat

    Disini masyarakat juga mendapatkan keuntungan dengan adanya pasar modal, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Menambah lapangan pekerjaan, semakin banyak perusahaan yang bangkit dan produktif maka masyarakat juga akan mendapatkan manfaat yaitu peluang atau kesempatan kerja ynag semakin besar.
  • Membuka kesempatan bagi masyarakat untuk berinvestasi, manfaat adanya pasar modal maka memberikan kesempatan bagimasyarakat luas untuk lebih mengenal bahkan ikut serta dalam berinvestasi.
  • Mempermudah dalam mencari barang konsumsi, dengan adanya perputaran uang kas yang sehat maka perusahaan selalu memberikan yang terbaik untuk konsumen. Kemudian sebagai manfaatnya masyarakat lebih mudah mencari barang untuk dikonsumsi dengan harga yang murah.

3. Manfaat pasar modal bagi investor

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN