Mohon tunggu...
Cahyadi Takariawan
Cahyadi Takariawan Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis Buku, Konsultan Pernikahan dan Keluarga, Trainer

Penulis Buku Serial "Wonderful Family", Peraih Penghargaan "Kompasianer Favorit 2014"; Peraih Pin Emas Pegiat Ketahanan Keluarga 2019" dari Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Konsultan Keluarga di Jogja Family Center" (JFC). Instagram @cahyadi_takariawan. Fanspage : https://www.facebook.com/cahyadi.takariawan/

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Fokus pada Kebaikan Mertua

11 Agustus 2021   10:37 Diperbarui: 11 Agustus 2021   13:54 137 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Fokus pada Kebaikan Mertua
https://etalasebintaro.com/

Anda tentu masih ingat sebuah pertanyaan "bisakah selembar daun menutupi dunia ini?" Jawabnya adalah : bisa, ketika daun itu menutupi kedua mata kita. Dunia yang sangat besar ini menjadi tidak terlihat, tertutup oleh selembar daun yang menempel di mata.

Demikianlah gambaran dinamika hubungan menantu dan mertua. Apa yang paling banyak memenuhi pikiran menantu, akan sangat menantukan corak hubungan dengan mertua. Apa yang paling banyak memenuhi pikiran mertua, akan sangat menantukan corak hubungan dengan menantu.

Jika menantu memenuhi pikirannya dengan kekurangan mertua, tidak ada satupun kebaikan yang akan bisa dilihatnya. Namun jika ia memenuhi pikiran dengan sifat-sifat kebaikan mertua, maka ia akan selalu bersukur dan berbahagia karena mendapat karunia mertua yang sangat baik.

Jika Anda ingin membangun hubungan yang baik dengan mertua, syarat pentingnya adalah harus fokus melihat sisi kebaikannya. Apabila Anda fokus mengingat kekurangan dan kejelekan mertua, selamanya Anda tak akan bisa hidup damai dengan mertua.

Dalam postingan sebelumnya telah saya sampaikan sifat-sifat positif mertua. Simak kembali di sini. Saya minta kepada Anda untuk menemukan sebanyak mungkin sifat positif yang ada pada mertua. Hitung jumlah keseluruhannya. Ingat jumlah itu.

  • Betapa Banyak SIfat Baik Mertua

Saya telah menyampaikan lebih dari 100 sifat-sifat baik manusia, yang mungkin ada pada mertua Anda. Jika Anda cermati dan Anda resapi, pasti akan menemukan banyak sekali sifat-sifat baik itu ada pada mertua. Okelah kalau tidak sempurna 100%, namun sudah pasti akan banyak kebaikan yang bisa Anda dapatkan.

Misalnya, Anda menemukan 25 sifat baik mertua, atau 75 sifat baik mertua, atau berapapun. Ingat jumlah ini. Saya ambil contoh yang 25 saja ya. Anda menemukan ada 25 sifat kebaikan dari mertua. Apa guna mengingat angka ini? Gunanya adalah, Anda merasa kebaikan mertua Anda sangat banyak. Ini penting untuk memberikan sugesti diri bahwa mertua Anda memang baik.

  • Manusia Memerlukan Perbandingan

Ketika Anda menemukan ada kekurangan pada diri mertua, segera ingat jumlah tadi. Katakan, "Alhamdulillah, mertuaku memiliki 25 sifat baik. Wajar jika ada hal yang kurang pada dirinya". Dengan demikian, Anda tidak akan fokus dengan satu dua kekurangan yang terasa mengganggu hubungan.

Kadang kita begitu risau dengan satu atau beberapa kelemahan pada mertua, padahal sebenarnya mertua juga memiliki sangat banyak hal-hal baik. Menjadi tidak nyaman jika yang kita ingat hanya kekurangan dan kelemahan saja. Seakan mertua Anda adalah makhluk paling jahat di muka bumi ini.

Dengan Anda fokus menemukan sisi-sisi kebaikan pada mertua, akan sangat membantu Anda menemukan perbandingan yang melegakan. Makin banyak Anda mampu mendapatkannya, makin bagus pula hasilnya.

  • Jangan Biarkan Pikiran Negatif Menguasai

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan