Mohon tunggu...
Rival Pahrijal
Rival Pahrijal Mohon Tunggu... Lainnya - Masih Pelajar

Long life learning

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Resolusi di Tahun 2021

1 Januari 2021   09:58 Diperbarui: 1 Januari 2021   10:07 250
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Aku memiliki beberapa resolusi untuk hidupku di tahun 2021. Sebenarnya, aku tidak pernah beresolusi di awal atau akhir tahun seperti ini. Tapi, aku mulai sadar bahwa aku harus memiliki target untuk aku kejar setiap harinya. 

2020 adalah tahun yang membuat kita lebih lama berada di rumah. Bagiku yang seorang pelajar, tahun 2020 adalah tahun yang membuat hari-hariku penuh dengan rebahan. Mengerjakan tugas pun sambil rebahan. Hingga aku sadar ternyata hari-hariku terlalu banyak aku habiskan untuk rebahan. Waktuku menjadi tidak produktif.

Berbekal hal itu, aku memiliki beberapa resolusi yang salah satunya adalah menghindari rebahan terus. Berikut ini beberapa resolusiku di tahun 2021.

1. Be Mindful
Aku ingin di tahun 2021 ini aku menaruh kesadaran penuh pada setiap apa yang aku kerjakan. Ketika aku mengerjakan tugas sekolah, maka hal-hal lain selain mengerjakan tugas sekolah harus aku singkirkan. 

Fisik dan pikiranku harus terfokuskan pada apa yang sedang aku kerjakan. Hadir utuh menyeluruh di sini dan saat ini. Sehingga hasil dari pekerjaanku bisa maksimal.

2. Selalu dalam keadaan positif
Aku ingin di tahun 2021 ini setiap apa yang aku rasakan, pikirkan, dan lakukan adalah hal-hal positif. Tak bisa aku pungkiri bahwa di tahun 2020 kemarin banyak dari perasaan, pikiran, dan tingkah laku yang bersifat negatif. Misalnya rasa takut yang berlebihan, overthingking, malas, dan lain sebagainya. Aku ingin di tahun 2021, minimal aku bisa lebih positif dalam menjalani hari-hariku.

3. Rajin Olahraga
Yang satu ini sebenarnya aku sudah inginkan sejak pertengahan tahun lalu. Setelah aku menginjak kelas 12 di sekolah, mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga ditiadakan di sekolah. Ini kebijakan untuk kelas 12 di sekolahku, aku tidak tahu apakah di sekolah-sekolah lain juga sama atau tidak. Karena ketiadaan mata pelajaran tersebut, aku jadi jarang dan malas sekali untuk berolahraga. Nah di tahun ini, aku ingin lebih rajin berolahraga, minimal lari pagi setiap hari Minggu atau hanya sekedar peregangan setiap paginya.

4. Bangun Lebih Awal
Aku ingin di tahun 2021 ini aku bisa bangun lebih awal, mungkin sekitar jam empat pagu. Di tahun 2020 aku biasanya bangun lebih dari jam lima pagi. Mungkin karena belajar dari rumah, jadinya aku bangun lebih siang. Aku ingin bangun lebih pagi karena aku ingin membiasakan diriku untuk shalat malam, minimal dua rakaat.

5. Membatasi Main HP
Handphone mungkin sudah menjadi barang yang paling sering disentuh dan dipegang oleh kita. Entah untuk keperluan mendesak, biasa saja, atau bahkan sekedar iseng mengisi waktu luang. Aku ingin mengurangi intensitasku dengan handphone.

Aku sadar bahwa aku hidup di dunia yang nyata bukan maya. Aku juga sadar bahwa terlalu banyak memainkan handphone menyebabkan aku lebih malas dan tidak produktif. Mungkin kalau dihitung durasi untuk main sosmed akan lebih banyak dibanding untuk belajar atau menulis artikel seperti ini. Ini yang aku ingin ubah, aku ingin handphoneku lebih banyak aku gunakan untuk hal-hal positif dan bermanfaat.

6. Lebih Banyak Bersyukur
Bersyukur adalah suatu hal yang sangat penting dilakukan di masa sekarang. Bersyukur dapat membuat hati lebih tenang dan lapang dalam menerima segala ketentuan hidup baik suka maupun duka. Aku ingin lebih banyak bersyukur dibanding banyak mengeluh karena aku sadar mengeluh tak akan membuat semuanya lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun