Mohon tunggu...
Ozy V. Alandika
Ozy V. Alandika Mohon Tunggu... Guru - Guru, Blogger

Seorang Guru. Ingin menebar kebaikan kepada seluruh alam. Singgah ke: www.gurupenyemangat.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pak Menteri, daripada Usul Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin, Mending Ajak yang Kaya Bersedekah!

22 Februari 2020   22:53 Diperbarui: 22 Februari 2020   22:50 295 18 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pak Menteri, daripada Usul Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin, Mending Ajak yang Kaya Bersedekah!
Sedekah. Islampos.com

Agak lucu rasanya ketika mendengar berita yang mengusulkan agar orang kaya menikahi orang miskin. Alasannya tidak lain adalah untuk memutuskan mata rantai kemiskinan.

Dan, usulan ini datangnya dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy. Beliau menganggap usulan ini sebagai fatwa sekaligus gerakan moral.

"Saya minta ada semacam gerakan moral. Bagaimana supaya memutus mata rantai kemiskinan itu antara lain supaya yang kaya juga tidak harus memilih-milih ketika mencari jodoh ataupun menantu. Harus sama kaya. Jadi gerakan moral saja. Fatwa itu, anjuran," ujar Muhadjir di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (20/02/2020).

Padahal, wajar kiranya jika calon mertua memilih menantu yang kaya dan mapan. Niat utama mereka hanya satu, yaitu ingin melihat anaknya bahagia.

Kaya di sini juga sebenarnya bukan semata-mata dinilai dari uang. Jika kaya diukur hanya dari segi harta dan jumlah uang, maka mereka yang jumlah uangnya kurang banyak akan dicap sebagai orang miskin.

Selain itu, kaya yang dinilai dari harta juga bisa menghasilkan kegilaan. Beli ini beli itu, hinggalah selingkuh. Apa mau?

Coba saja kaya diukur dari segi semangat yang bertumbuh dalam berusaha, serta hati yang sungguh pemurah. Agaknya cinta dan pernikahan yang terakit akan jadi lebih indah.

Lebih dari itu, sepertinya pemerintah sudah terlalu jauh masuk ke ranah pribadi rakyatnya. Ibaratkan masuk rumah, belum juga dibuka pintu depan pemerintah sudah masuk lewat dapur. Kan, kesannya kurang etis dan kurang etiket.

Senada dengan ini, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno mengkritisi inovasi yang diusulkan Pak Menteri Muhadjir.

"Saya sepakat bahwa Pak Muhadjir ini ingin memberantas kemiskinan dan salah satu inovasinya adalah dengan mengawinkan antara si kaya dan si miskin justru menurut saya ini hal yang sangat privat," ujar Sandiaga, Sabtu (22/02/2020).

Sandiaga juga menegaskan bahwa jodoh itu sejatinya adalah urusan Tuhan. Beliau juga menambahkan agar pemutusan rantai kemiskinan dapat diwujudkan dengan cara memberi sumbangan alias sedekah kepada orang miskin.

Daripada Usulkan Orang Kaya Nikahi Orang Miskin, Mendingan Ajak yang Kaya Untuk Bersedekah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan