Mohon tunggu...
Ovi Taufiqu Rohmah
Ovi Taufiqu Rohmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pejuang Guru Profesional

Hai! Semoga dengan membaca artikelku bisa membuat menambah ilmu ya!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tantangan Menghayati Pancasila Sebagai Entitas & Identitas Indonesia, Perwujudan Profil Pelajar Pancasila Pada Abad 21 Berpihak Pada Peserta Didik

12 Mei 2024   18:37 Diperbarui: 12 Mei 2024   20:03 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tantangan dalam Menghayati Pancasila sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dan Perwujudan Profil Pelajar Pancasila (PPP) Versi Guru.

Guru harus memiliki pemahaman yang mendalam terhadap nilai-nilai dan prinsip Pancasila, dan bagaimana menerapkan dalam pendidikan di abad ke 21. Guru pun perlu pengintegrasian terhadap nilai-nilai Pancasila dalam semua pembelajaran, baik itu pelajaran khusus maupun lintas pelajaran.

Tantangan bagi guru yaitu dalam membina pengembangan karakter yang efektif sesuai dengan nilai-nilai Pancasila untuk diimplementasikan pada kehidupan peserta didik itu sendiri. Dengan begitu, perlunya strategi yang menarik dan interaktif dalam membantu peserta didik mengamalkan nilai-nilai Pancasila tersebut. Guru harus mampu menghadapi tantangan dalam pengimplementasian nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Tantangan tersebut dapat menyesuaikan kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler, serta strategi pengajaran yang disesuaikan dengan nilai-nilai Pancasila.

Tantangan dalam Menghayati Pancasila sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dan Perwujudan Profil Pelajar Pancasila (PPP) Versi Peserta Didik.

Perlunya mampu dalam mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari peserta didik di sekolah, di rumah, dan di masyarakat. Tantangan tersebut yaitu bagaimana menghadapi kehidupan yang nyata bagi peserta didik. 

Kemampuan dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik, akan melibatkan tantangan untuk pengambilan keputusan yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila, begitu pun dalam bertindak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai situasi.

Peserta didik perlu mengembangkan kesadaran diri yang tinggi serta pemahaman yang mendalam mengenai nilai-nilai Pancasila. Tantangan tersebut dapat melibatkan proses dari refleksi diri mereka sendiri, serta bereksplorasi untuk memahami lebih dalam terkait nilai-nilai Pancasila secara kontekstual.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun