Mohon tunggu...
OLYVIA KURNIAWAN
OLYVIA KURNIAWAN Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Internasional Batam

Saya memiliki banyak hobby secara acar tergantung yang ingin saya jalani seperti berenang, basket, bersepeda, memasak dan masih banyak lagi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Bullying Bagi Kesehatan Mental Seorang Individu Tanpa Pandang Buluh

26 Mei 2022   17:20 Diperbarui: 26 Mei 2022   18:45 288 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Observasi mitra/Dokumentasi pribadi

Semakin berkembangnya zaman membuat banyak sekali perubahan terutama  yang langsung berhubungan dengan bidang sosial baik yang direncanakan maupun tidak direncanakan, membawa pengaruh kecil maupun besar, dalam waktu lambat maupun cepat. Tidak dapat dipungkiri bahwasannya perubahan sosial tersebut pun membuat pola tingkah laku setiap manusia yang juga turut berubah seiring berjalannya waktu dan juga tidak lupa bahwa perubahan tersebut pun diiringi dengan semakin pesatnya teknologi yang juga bertambah canggih pada era serba digital ini yang secara tidak langsung membuat segala informasi yang masuk dari berbagai belahan dunia cepat menyebar serta diresapi tanpa disaring terlebih dahulu. 

Oleh karena hal itu, pada era modern ini sering sekali menimbulkan banyak fenomena yang berbeda terutama diantaranya yang paling sering muncul adalah bullying. Fenomena ini tidak hanya terjadi secara spontan atau konvensional maupun langsung tetapi juga secara online melalui berbagai media massa. Bahkan jika kita lihat pada era serba digital ini sudah banyak sekali bullying yang terjadi secara online melalui banyaknya komentar yang dilontarkan tanpa berpikir dampak buruk apa yang akan terjadi pada korban dalam jangka waktu panjang ke depannya. Dimana hal tersebut dapat kita lihat melalui banyaknya kasus bunuh diri yang dilakukan oleh para public figure terutama di luar negeri karena lontaran komentar buruk yang di sosial media maupun anak-anak yang sudah mulai melakukan tingkah laku layaknya orang dewasa sebelum umurnya.

Hasil Observasi/Dokumentasi pribadi
Hasil Observasi/Dokumentasi pribadi

Fenomena bullying sendiri memiliki arti yang sangat luas sekali jangkauannya, salah satu pengertian bullying yang paling sederhana yaitu suatu tindakan untuk menyakiti seseorang baik secara kekerasan fisik, verbal, maupun psikologis yang akan mengakibatkan tekanan, depresi, trauma, hingga ketakutan yang berlebihan. Bullying merupakan hal yang sudah tidak asing bagi anak-anak, remaja, hingga orang dewasa sekalipun. Pada jaman sekarang ini bullying terjadi di segala lingkungan masyarakat tanpa memandang buluh. Sekolah yang seharusnya menjadi rumah kedua bagi siswa dan para guru. Pada kenyataannya memiliki hal yang berbeda dan membuat terjadinya adaptasi, seperti contoh sederhananya sekolah yang seharusnya membantu siswa untuk memiliki potensi dan mengembangkan bakat terkadang menjadi salah satu ancaman ataupun jatuhnya mental bagi beberapa siswa. 

Bullying adalah suatu hal yang dianggap biasa bagi orang yang melakukannya dan biasanya sering terjadi  di dalam sekolah. Tetapi bagi orang yang menerima tindakan tersebut merupakan sebuah kekelaman yang sulit untuk dilupakan begitu sama bahkan dapat menimbulkan traumatik tersendiri. Banyak masyarakat yang berpandangan bahwa bullying terjadi hanya pada siswa. Tetapi salah satu masalah besar yang dihadapi sekolah adalah kasus-kasus dimana tindakan ini terjadi di antara siswa, guru, bahkan orang tua.

Tindakan pembulian ini sering terjadi dilingkungan sekitar namun banyak yang mengabaikannya begitu saja tanpa perduli satu sama lain. Bahkan selama ini, banyak sekali masyarakat awam yang berprasangka bahwa tindakan ini hanya berupa perlakuan kekerasan saja, namun bahkan kenyataannya lebih dari pada hal itu. Padahal bullying ini juga mencakup beberapa tindakan sederhana namun masuk ke dalam golongan tindak kekerasan yang dapat menyebabkan gangguan fisik, verbal, maupun psikologis yang akan mengakibatkan tekanan, depresi, trauma, hingga ketakutan pada mental seorang dewasa terutama anak-anak. 

Trauma yang disebabkan oleh tindak kekerasan inipun tidak memandang usia, karena trauma itu dapat menyerang mental anak kecil hingga orang dewasa yang menjadi korbannya. Adapun dampak yang biasa diberikan dari tindak kekerasan ini yaitu; rasa takut yang berlebihan, depresi, menurunnya daya ingat dan fokus, memiliki rasa dendam yang tinggi, dan bisa menimbulkan rasa ingin mengakhiri hidupnya sendiri.

Tindakan bullying merupakan hal yang seharusnya tidak patut untuk dilakukan terutama dalam kalangan anak-anak, bahkan dalam Pasal 336 Ayat 1 KUHP menyatakan “Diancam dengan pidana penjara paling lama dua tahun delapan bulan, barang siapa mengancam dengan kekerasan terhadap orang atau barang secara terang-terangan dengan tenaga bersama, dengan suatu kejahatan yang menimbulkan bahaya umum bagi keamanan orang atau barang, dengan perkosaan atau perbuatan yang melanggar kehormatan kesusilaan, dengan sesuatu kejahatan terhadap nyawa, dengan penganiayaan berat atau dengan pembakaran.” 

Oleh karena itu kami sadar dan ingin meminimalkan peristiwa-peristiwa bullying yang terjadi di lingkungan masyarakat dengan cara melakukan pembinaan sederhana dan memberikan wawasan tentang bullying kepada panti asuhan yang akan kami kunjungi yaitu Panti Asuhan Iksa Al-Aqsho.

Adapun beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya bullying ini adalah sebagai berikut:

1. Mengawasi perilaku setiap individu saat berkegiatan terutama anak-anak yang masih membutuhkan perhatian khusus baik di         rumah, sekolah maupun lingkungan masyarakat;

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan