Mohon tunggu...
Fauji Yamin
Fauji Yamin Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Tak Hobi Nulis Berat-Berat

Institut Tinta Manuru (faujiyamin16@gmail.com)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Citayam Fashion Week Milik Siapa?

26 Juli 2022   00:55 Diperbarui: 27 Juli 2022   20:30 1137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sebagian anak remaja asal Citayam yang memanfaatkan zebra cross untuk ajang unjuk pakaian di kawasan Dukuh Atas, Jakarta. Foto: Kompas.com/Kristianto Purnomo

Create by the poor, stolen by the the rich " Sebuah slogan nitizen atas usaha kapitalisasi bisnis pada Citayem Fashion Week yang menggema setelah dua perusahaan mendaftarkan ke Ditjen HAKI.

Pendaftaran oleh perusahaan milik Baim Wong dan Indigo dipandang sebagai tindakan mengambil untung dari kreasi yang lahir kreatifitas anak muda.

Penggambaran yang saya tangkap ialah narasi tentang kelas bahwa dan kelas atas. Atau dalam bahasa ekonomi, borjuis dan pemilik modal. Di mana kelas pemodal selalu mempunyai cara untuk melakukan tindakan mengalokasikan sumber daya untuk mencapai keuntungan.

Daya tarik besar dari Citayam Fashion Week beberapa pekan ini rupanya mengundang banyak perhatian. Dari masyarakat biasa, konten kreator, artis hingga politisi. 

Dari yang awalnya hanya nongkrong berubah menjadi ajang fasion yang unik. Dari yang awalnya di hujat menjadi dipuja. Dan tanpa sadar tercipta sebuah kondisi ke ranah materi maupun non materi.

Bagi daerah, pencetus; sosok-sosok sebagai ikon, konten kreator, artis hingga politisi. Semua memainkan peran masing-masing sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai."Sejalan dengan bahasa, dalam setiap momen akan selalu ada yang terangkat dan ada yang terlupakan. 

Satu yang pasti, di setiap momen, fenomena, dan kondisi yang viral selalu menciptakan keuntungan. Paling menonjol ialah keuntungan materi. Baik ketenaran maupun meraup pundi-pundi rupiah.

Selalu ada mencapai keuntungan dibalik viralnya sebuah momen atau gerakan seperti Citayam Fashion Week yang entah apakah fenomena ini bertahan selamanya atau hanya sekedar fenomena musiman. 

Sumber : IG Komik Grontol
Sumber : IG Komik Grontol

Lantas jika demikian, apakah yang dilakukan dua perusahaan di atas dengan mendaftarkan merek Citayam Fasion Week ke Ditjen HAKI?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun