Mohon tunggu...
nurul sulistiani
nurul sulistiani Mohon Tunggu... Sulistillah02
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Semoga menjadi pribadi lebih baik lagi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pengantar Studi Islam

14 Oktober 2019   06:29 Diperbarui: 14 Oktober 2019   06:37 0 1 0 Mohon Tunggu...

A. Memahami studi islam 

Studi islam dapat di bagi menjadi 2 kata yaitu studi dan islam. Studi sendiri yaitu kegiatan yang di sengaja dilakukan dengan tujuan mrndapatkan informasi, sedangkan islam berasal dari kata Aslama yang berarti penurut dan patuh.

jadi studi islam adalah dinyatakan sebagai upaya untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan islam.

B. Ruang lingkup studi islam

Yang pertama yaitu islam sebagai doktrin Tuhan yang sebenarnya kepada muallaf adalah final ,yang kedua sebagai gejala budaya yang merupakan ciptaan manusia dalam kaitannya dengan Agama, yang ketiga yaitu karena interaksi sosial (realitas umat islam)

C. Kedudukan pengantar studi islam diantara mata kuliah lain.

Dalam suatu pembelajaran dibutuhkan suatu metode dapat diartikan sebagai suatu pembahasan konsep pemikiran sebagai metode yang terkait dalam suatu sistem pengetahuan. 

Jadi, pengantar studi islam merupakan pemandangan dalam bahasa manusia pada umumnya sebagai peninjau kemasyarakatan dan sekumpulan pembelajaran keagamaan kedudukan pengantar studi islam diantara mata kuliah lain.

D. Islam sebagai objek kajian

Islam pada hakikatnya mengajikan kepada umatnya sebagai kehidupan yang dinamais serta proyektif, dan menghormati serta menghargai sebuah akal pikiran dengan jalan pemandangan ilmu pengetahuan serta teknologi. 

Jadi, mengkaji islam sebagai pemikiran berarti mempelajari apa yang dihadapi oleb pemikiran-pemikiran yang telah mengkaji ajaran-ajaran islam yang melahirkan bentuk pemahaman/ kajian tertentu.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x