Mohon tunggu...
Nurul Fajriah
Nurul Fajriah Mohon Tunggu... Ibu rumah tangga yang belajar menulis dan berbagi dunia nya lewat tulisan

What a wonderful life!!

Selanjutnya

Tutup

Travel

Memilih Menjadi Jamaah Haji Reguler Mandiri

14 Februari 2020   23:03 Diperbarui: 15 Februari 2020   17:09 11 1 0 Mohon Tunggu...

Buat calon jamaah haji reguler yang no porsi nya masuk dalam keberangkatan tahun 1441 H ini, dan berniat untuk jadi jamaah mandiri alias tidak mendaftar KBIH, tetapi data awal tentang domisili dan nomor kontak berubah, segera hubungi kantor Kemenag kota dan Puskesmas wilayah yang menjadi data  domisili anda sewaktu mendaftar di awal. Karena proses pemeriksaan kesehatan ke-1 di beberapa wilayah sudah dimulai.

Kalau tidak ada perubahan data, calon jama'ah akan dihubungi oleh petugas dari kemenag kota, menyampaikan info resmi ttg kepastian no porsi anda berangkat tahun ini. Atau kunjungi website Kemenag untuk memastikan apakah nama anda berangkat tahun ini.

Pemeriksaan kesehatan di puskesmas ini merupakan syarat dikeluarkannya surat Istitho'ah, atau surat keterangan mampu berangkat yang kemudian menjadi syarat dikeluarkannya perintah pelunasan BPIH calon jemaah.

Pemeriksaan kesehatan-1 ini berupa pemeriksaan standar berupa general check up, pemeriksaan paru (rontgen), jantung (ekg), pemeriksaan kehamilan bagi jamaah wanita yg sudah menikah dan berusia 60 ke bawah. Tidak hanya yang berusia subur, calon jamaah perempuan yang sudah menopouse tapi berusia di bawah 60th pun tetap wajib mengikuti tes kehamilan ini.

Seperti nya tim kesehatan haji Indonesia sangat ketat dengan yang satu ini, karena tidak mau kebobolan sperti bbrp tahun yang lalu, ada jama'ah yang melahirkan saat menjalankan ibadah haji.

Khusus untuk  calon jama'ah mandiri, memang harus sedikit repot di awal karena harus lebih aktif menjemput bola informasi. Terlebih yang sudah berubah domisili dan nomor kontak nya.  Tapi jangan khawatir, Siskohat kita insyaaAllah sdh terselenggara dgn baik sekali. Datang saja ke Puskesmas, tanya ke bagian informasi, di mana bagian yang mengurusi tes kesehatan calon jama'ah haji.

Syarat yang harus dibawa, fc KTP, dan fc BPJS. Ya, BPJS menjadi syarat wajib yang harus dimiliki calon jama'ah haji.
Ikuti saja alur nya. Jangan merasa sulit, berat atau ribet, karena sesungguhnya ini adalah sebagian dr nikmat ibadah yang diberikan Allah SWT.
Sudah sabar menunggu antrian bertahun-tahun, mari sempurnakan ibadah dengan menjalani setiap proses nya dengan ikhlas.

#jama'ahHajiMandiri

#nonKBIH

#teskesehatanjamaahhaji


#Istitho'ah

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x