Mohon tunggu...
Nursari Eka Apriyani
Nursari Eka Apriyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Cinephile

Nutrition and food science student. Hobi? of course nonton film dan series. Kepoin aja instagram @nursariekaaa kalau penasaran (kalau sih ya).

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

[Review Film] "Our Father", Film Dokumenter Dokter Kesuburan yang Keji

15 Mei 2022   14:26 Diperbarui: 15 Mei 2022   14:28 310 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Netflix kembali merilis sebuah film dokumenter yang akan menghibur para penggunanya.
Salah satu drama hasil produksi Blumhouse berjudul 'Our Father' sudah dapat disaksikan di Netflix sejak 11 Mei 2022. Our Father merupakan film garapan Blumhouse memiliki genre misteri dan horor yang diangkat dari kasus kriminal nyata.

Selama sepuluh tahun lebih tidak ada satu orang pun yang tahu tentang eksperimen gila yang dilakukan oleh seorang dokter kesuburan ternama. Ia melakukan sebuah praktek mengerikan yang dimana ia menyebarkan spermanya tanpa ijin ke banyak pasiennya.

Bermula dari sebuah investigasi mandiri yang dilakukan oleh salah satu anak. Ia melakukan tes DNA dan mengetahui sebuah fakta mencengangkan bahwa ia memiliki banyak saudara sedarah. Dari sini kemudian mulai ditemukan banyak korban yang juga ternyata tidak menyadari kejahatan besar yang dilakukan oleh dokter kesuburan tersebut.

Hasil tangkapan layar, Netflix
Hasil tangkapan layar, Netflix

Tidak bisa dipercaya, kira-kira, itulah busur dari film dokumenter dari Netflix yang berdurasi 90 menit tentang dokter kesuburan Donald Cline, yang menghabiskan 30 tahun secara diam-diam menggunakan spermanya sendiri untuk menghamili wanita yang datang kepadanya.

Kejahatannya terbongkar setelah seorang wanita dengan firasat memutuskan untuk melakukan tes DNA dan menemukan bahwa dia sama sekali tidak memiliki hubungan biologis dengan ayahnya. Faktanya, dia adalah putri dari dokter kesuburan setempat, seorang pria bernama Donald Clein. 

Donald Clein mengatakan dalam film tersebut, telah meyakinkan pasiennya bahwa donor yang sama tidak akan digunakan untuk lebih dari tiga sampel, untuk menghindari skenario di mana sekelompok orang dengan ayah yang sama menempati area geografis tersebut. Jadi, apa yang mendorong Dr. Clein untuk terus menggunakan spermanya sendiri untuk membuahi pasiennya tanpa sepengetahuan mereka? Ingat, disini korban adalah orang-orang yang tidak bisa hamil sendiri, dan telah beralih ke Dr. Clein sebagai upaya terakhir. Memulai sebuah keluarga adalah semua yang mereka inginkan, dan Dr. Clein adalah orang yang bisa membantu mereka.

Sebagian besar film diceritakan melalui mata Jacoba Ballard. Karena rambut pirang dan mata birunya, dalam keluarga berambut cokelat, dia selalu bertanya-tanya tentang asal usulnya. Setelah menggunakan 23andMe dan tes DNA, dia menemukan tujuh saudara tiri lainnya dan mulai menghubungkan titik-titik tersebut, yang pada akhirnya mempelopori pencarian saudara satu ayah lainnya. Sepanjang film dokumenter, nomor bergulir melacak berapa banyak saudara yang ditemukan oleh Jacoba. Jacoba yang berhasil membuka tindakan keji Donald Cline, sang dokter kesuburan di kota Indianapolis. Saudaranya tersebar di berbagai penjuru kota yang terus bertambah, membuat semua terkejut dan berdampak sangat buruk untuk para korbannya. Namun, penggalian informasi yang dilakukan tidak didukung oleh perangkat negara dalam mengungkap kebenaran. Bahkan banyak latar belakang Dokter Cline yang mendukung perbuatan kejinya tersebut, dirinya yang membuat pembenaran tindakan atas dasar agama makin membuat Jacoba dan saudara lainnya muak.

Menit terbaik dari film ini muncul ketika jaksa negara bagian dan seorang sarjana hukum menjelaskan mengapa tuntutan tidak dapat diajukan terhadap dokter. Sebagian karena klausul dalam undang-undang Indiana dapat mengakibatkan tuntutan, bias yang melekat pada para juri terhadap perempuan dalam kasus-kasus yang tidak dianggap sebagai contoh pemerkosaan yang "jelas" akan membuat prospek penuntutan apa pun tidak dapat dipertahankan.

Film ini paling kuat ketika berfokus pada para korban: para ibu seperti Liz White dan Dianna Kiesler, dan anak-anak mereka. Dalam film dokumenter ini, mereka adalah satu-satunya penghubung nyata dengan kenyataan. Setiap ingatan dari seorang ibu---menjelaskan keinginan mereka akan seorang bayi, kegembiraan mereka memiliki bayi, dan patah hati serta rasa jijik mereka saat mengetahui bagaimana keinginan mereka dimanfaatkan untuk kepuasan dokter ini keji.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan