Mohon tunggu...
nursaidr
nursaidr Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Fulltime blogger di www.nursaidr.com.

blogger di www.nursaidr.com. Danone Blogger Academy 2 Socmed IG/Tw: @nursaidr_

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Ngopi Yuk di Kopi Sugeng, Sajian Brand Lokal untuk Generasi Millenial

17 September 2018   16:31 Diperbarui: 17 September 2018   16:39 809
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kiri Pak Sugeng, tengah Bpk. Muhammad Ali Muthohar (Ayah dari Istri Pak Sugeng), Kanan Istri Pak Sugeng

"Ngopi yuk", menjadi sebuah ajakan yang sudah tidak asing lagi didengar di telinga masyrakat Indonesia. Mulai para pelaku bisnis, karyawan, mahasiswa, orangtua hingga anak muda, bila ingin berkumpul dengan teman mengucapkan kata tersebut. Sebuah ajakan melakukan aktivitas mulai bertemu rekan bisnis, meeting, kumpul bersama tetangga hingga nongkrong bersama teman.

Kini, kopi bisa dikatakan menjadi sebuah perantara untuk kita saling bertemu. Serta menjadi cara bagaimana menghabiskan waktu bersama. Melalui secangkir kopi selalu ada cerita yang akan disampaikan. Baik bersama-sama, atau mungkin sekadar sendiri.

Kehadiran coffee shop di Indonesia sendiri telah banyak merebak menyebar ke seluruh sudut kota. Menjadi sebuah arena berkumpul berdurasi, yang bisa dinikmati untuk bersantai.

Kopi Sugeng. Begitulah nama dari sebuah brand lokal yang kini hadir siap menemani para pecinta kopi, khususnya generasi millenial. Pada Minggu (16/9) Kopi Sugeng Indonesia telah resmi membuka cabangnya yang kedua di Mall Bassura City, setelah sukses membuka di cabang pertamanya pada Minggu lalu di Mall Artha Gading. Baca ulasan grand opening di Mall Artha Gading (ada ulasan rasa Kopi flores dan Avocado Coffee) di sini: Ngopi Yuk di Kopi Sugeng.

Sugeng sendiri diambil dari salah satu nanma pemilik brand kedai kopi tersebut, Sugeng Priyono. Tentu, ada alasan kenapa nama itu diambil. Menurut Mas Aji selaku Direktur dari Kopi Sugeng Indonesia menuturkan,

"Kami meminta izin kepada Pak Sugeng Priyono untuk menggunakan nama beliau. Saya merasa, beliau ini adalah sosok yang inspiring. Berpenampilan sederhana, humble dan kebapakan. Sugeng sendiri pun memiliki makna keselamatan. Sehingga, kami ingin berbagi keberkahan kepada konsumen yang berkunjung melalui seuntaian doa dan harapan dari nama Sugeng itu sendiri."

whatsapp-image-2018-09-17-at-16-04-45-1-5b9f71d343322f0bfd36cb88.jpeg
whatsapp-image-2018-09-17-at-16-04-45-1-5b9f71d343322f0bfd36cb88.jpeg
Kehadiran Kopi Sugeng di tanah air menambah deretan pelaku bisnis yang diharapkan mampu mensejahterakan para petani kopi Indonesia. Pasalnya, brand lokal yang dimiliki oleh Pak Sugeng ini telah bekerjasama dengan petani lokal dari berbagai daerah. Sedikit banyaknya, ada 20 aneka jenis kopi yang dibeli langsung dari petani kopi Indonesia. Sehingga, ada harapan dari berdirinya kedai kopi ini, mampu memakmurkan para petani kopi di Indonesia. Dari Indonesia, untuk Indonesia.

whatsapp-image-2018-09-17-at-16-04-46-5b9f6e7cbde5755e49428d75.jpeg
whatsapp-image-2018-09-17-at-16-04-46-5b9f6e7cbde5755e49428d75.jpeg
Ditanam, dan dibeli langsung dari patani Indonesia. Kedai Kopi Sugeng mengusung tagline "Selera Kopi Indonesia" yang mana ia ingin menyajikan cita rasa kekhasan kopi nusantara. Seperti, Aceh Gayo, papua Wamena, Flores Bawaja, Enrakeng Latimojong, Java ijen, Bali Kintamani dan banyak lagi.

Kopi Sugeng Indonesia sendiri berada di bawah manajeman PT. Annisa Gaharu Indonesia, yang mana menajdi sebuah role model bisnis jaringan Bisnis Kopi Cepat Saji dengan konsep "Take Away & Fast Moving Coffee".

Ada hal menarik lainnya yang ditawarkan oleh Kopi Sugeng Indonesia. Bagi para pembaca kompasiana di sini yang ingin belajar menjadi seorang barista profesional, mereka memiliki memberikan semacam bimbingannya. Itu sebabnya, barista yang ada di kedai Kopi Sugeng telah memiliki sertifikat baristanya masing-masing. Sehingga, bisa dipastikan racikan yang dibuat berada di tangan-tangan profesional. Oh ya, tidak sampai di situ saja. Edukasi seputar barista pun juga bisa dinikmati oleh anak-anak. Program tersebut diberi nama Kids Barista Eductaion.

whatsapp-image-2018-09-17-at-16-04-45-5b9f7232c112fe7012177845.jpeg
whatsapp-image-2018-09-17-at-16-04-45-5b9f7232c112fe7012177845.jpeg
Kini, dengan hadirnya Kopi Sugeng Indonesia yang memiliki target 50 gerai kopi di tahun 2018. Diharapkan mampu memajukan industri Kopi tanah air secara menyeluruh. Baik pelaku bisnis maupun para petani kopi tanah air itu sendiri. Tentunya, semuanya ini ada peran besar berupa dukungan dari masyarakat Indonesia guna membesarkan nama Kopi Sugeng sebagai brand lokal Selera Kopi Indonesia. Menjadi besar di kancah nasional hingga internasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun