Mohon tunggu...
Nur SaidahKholiliyah
Nur SaidahKholiliyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN UNEJ Dampingi UKM Batik Tulis Inayah dengan Digital Marketing dan Packaging Menarik

31 Agustus 2021   13:32 Diperbarui: 31 Agustus 2021   17:00 55 2 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pandemi Covid 19 yang terjadi di Indonesia menjadi permasalahan yang dihadapi oleh seluruh masyarakat Indonesia. Hampir dari semua sektor usaha yang dilakukan oleh masyarakat mengalami penurunan, salah satunya yaitu Usaha Kecil Menengah (UKM). Berdasarkan hal tersebut, salah satu mahasiswi KKN BTV 3 UNEJ kelompok 74 yaitu Nur Saidah Kholiliyah melaksanakan kegiatan KKN dengan membantu mengatasi permasalahan UKM Batik Tulis Inayah yang berada di Kelurahan Bugul Kidul Kecamatan Bugul Kidul Kota Pasuruan.

Permasalahan yang dimiliki UKM Batik Tulis Inayah ditengah pandemi ini, yaitu menurunnya omzet penjualan batik tulis selama pandemi dikarenakan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan sehingga jumlah pesanan dan pengunjung yang datang ke toko pemilik UKM Batik Tulis Inayah mengalami penurunan dibandingkan sebelum pandemi. Permasalahan yang kedua adalah kurangnya memaksimalkan proses pemasaran produk batik tulis dengan digital marketing. Adanya kegiatan KKN BTV 3 ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi saya untuk mendampingi pelaku UKM Batik Tulis Inayah dalam mengembangkan usaha batik tulis yang dijalankan dengan memberikan empat kali pelatihan dan pendampingan.

Pelatihan dan pendampingan yang dilakukan, yaitu dengan meningkatkan kualitas produk dari segi packaging serta memaksimalkan proses pemasaran produk dengan digital marketing melalui media sosial, e-commerce, dan website. Pelatihan pertama yang dilakukan adalah pelatihan penggunaan media sosial (Instagram dan Whatsapp Bisnis) dan e-commerce (Shopee) kemudian dilanjutkan pelatihan kedua mengenai pengambilan dan editing foto, video produk yang menarik. 

Pelatihan ketiga mengenai packaging menarik dengan membuat kartu ucapan yang berisi terimakasih, kata menarik, serta mencantumkan media sosial dan       e-commerce produk kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan katalog online melalui website linktree (berisi link Instagram, Whatsapp Bisnis, Shopee) dan justshop (https://inayahbatiktulis.justshop.id/). Dengan diadakannya pelatihan dan pendampigan tersebut diharapkan dapat membantu penyelesaian permasalahan pelaku usaha yaitu dengan memperluas jaringan pemasaran serta inovasi produk dari segi packaging sehingga produk dapat dikenal masyarakat luas dan mampu menarik minat masyarakat untuk membeli. Semoga kedepannya UKM Batik Tuis Inayah dapat terus berkembang dan beradaptasi mengikuti situasi dan perkembangan masyarakat. (Nur Saidah Kholiliyah/KKN74/Kota Pasuruan/Ns.Akhmad Zainur Ridla, MAdvN)

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan