Mohon tunggu...
NurRohmatus
NurRohmatus Mohon Tunggu... Mahasiswi

Bismillah (:

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Aturan Menitipkan Anak pada Kakek-Nenek

13 November 2019   23:21 Diperbarui: 13 November 2019   23:22 0 2 1 Mohon Tunggu...
Aturan Menitipkan Anak pada Kakek-Nenek
Sumber Ilustrasi : iStock Photo

Di negara kita, tepatnya di Indonesia. Menitipkan seorang anak kepada kakek atau nenek adalah hal yang sering kita lihat dan merupakan hal yang wajar. 

Namun, pengasuhan kakek dan nenek bukanlah pengasuhan yang baik diberikan untuk anak, jika pun orang tua tidak bisa mengasuhnya satu hari penuh bukan berarti tugas pengasuhan tersebut dilimpahkan sepenuhnya kepada kakek dan nenek. Berikut alasannya :

Bukan Usia Mengasuh

Dalam masyarakat kita memang sudah bukan hal yang aneh jika melihat kakek atau nenek yang momong cucu, namun hal hal yang sering kita lupakan bahwa usia kakek dan nenek sudah bukan lagi usia yang dekat dengan anak anak. 

Dengan kata lain, usia kakek dan nenek sudah tidak lagi selaras dengan usia anak yang terlampau masih balita. Perbedaan usia inilah yang mempengaruhi dalam proses pengasuhan kepada anak anak.

Ditambah lagi, untuk kondisi fisik  kakek dan nenek sudah tidak lagi mampu untuk mengejar ngejar cucu ketika sedang diajak bermain. 

Biarkan kakek dan nenek bertugas sebagai pengawas bagi pengasuh dan tugas lain yang sebenarnya tugas orang tua bisa dilimpahkan kepada pengasuh, dan bukan dilimpahkan kepada kakek atau nenek. 

Perbedaan Pola Asuh

Tidak perlu merasa heran jika kita sering menemukan adanya perbedaan anatar orang tua dan anak dalam hasil pengasuhan, seperti contoh : "Duh, anakku jadi suka lagu dangdut gara gara si oma kalo di rumah lagunya dangdut semua". Hal tersebut memang sering kita jumpai di sekitar kita, atau bahkan di dalam keluarga kita. 

Namun hal tersebut sebenarnya tidak baik dibicarakan atau di ungkapkan kepada kakek atau nenek, karena sama saja kita melarang atau membatasi hal yang mereka lakukan di masa tua mereka. 

Jadi, harus bagaimana cara memberitahukan kepada kakek atau nenek ? Boleh saja kita menyampaikan ketidak sukaan ini kepada kakek atau nenek, namun bisa dilakukan dengan kata yang sopan dan tidak merugikan siapapun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x