Mohon tunggu...
Nurra Ghea Dewayani
Nurra Ghea Dewayani Mohon Tunggu... Konsultan - Pelajar

Pelajar

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Meningkatkan Literasi Digital dengan Bersilaturahmi Menggunakan Zoom

25 September 2021   15:56 Diperbarui: 25 September 2021   15:59 58 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sejak bulan Maret tahun 2020, virus Covid-19 mulai memasuki negara Indonesia. Karena penyebarannya makin cepat, pemerintah pun memutuskan untuk menutup atau meminimalisir keluar masuknya masyarakat dari satu tempat ke tempat lain. Perkembangan mutasi virus ini pun sangat cepat dan menyebabkan semakin banyak masyarakat yang takut untuk keluar rumah. Dikarenakan adanya pandemi Covid-19 ini, menyebabkan beberapa hal tidak bisa dilakukan secara tatap muka. Mulai dari melakukan pekerjaan, berjualan, belajar mengajar dan masih banyak lagi.

Karena virus Covid-19 ini menyebar melalui droplet dari orang yang sudah terinfeksi, menyebabkan banyak orang ketakutan untuk bertemu dengan orang-orang di luar bahkan keluarganya sendiri. Salah satu hal yang terhambat karena adanya pandemi Covid-19 ini adalah silaturahmi keluarga yang merupakan kegiatan penting untuk bercengkrama dan mendekatkan diri dengan keluarga dan teman-teman.

Padahal, silaturahmi merupakan tradisi yang sangat identik dengan Indonesia. Untuk umat muslim, biasanya silaturahmi dilakukan setelah  shalat idul fitri dan juga setelah shalat idul adha. Bagi umat muslim, silaturahmi adalah kegiatan untuk saling meminta maaf kepada saudara-saudara, tetangga, dan kerabat dengan bersalam-salaman.

Tetapi, dengan memanfaatkan kemampuan literasi digital bersilaturahmi pun dapat dilakukan secara online. Apa itu literasi digital? Literasi digital adalah pengetahuan serta kemampuan dalam memanfaatkan kegunaan media digital, salah satunya sebagai alat komunikasi. Ada beberapa manfaat dari literasi digital, diantaranya adalah meningkatkan kemampuan individu untuk lebih kritis dalam berpikir serta memahami informasi, memperluas jaringan: menambah teman baru dari berbagai wilayah dan negara melalui media sosial dan meningkatkan kemampuan menggunakan alat komunikasi digital.

Selain itu, memanfaatkan kemampuan literasi digital pun dapat digunakan dalam bersilaturahmi. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk pertemuan tatap muka secara daring (dalam jaringan), salah satunya adalah aplikasi zoom. Aplikasi ini telah menjadi aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk bersekolah secara daring. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur, yaitu fitur filter, background, sharescreen, dapat menampung banyak peserta, dapat merekam kegiatan di zoom bahkan fitur chat. Dengan demikian, acara bersilaturahmi pun akan menjadi seru dan meriah.

Mohon tunggu...
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan