Mohon tunggu...
Nurmala Afriani
Nurmala Afriani Mohon Tunggu... Mahasiswa IAIN Langsa

Hukum Ekonomi Syariah

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Pesona Keindahan Alam di Aceh Tamiang: Air Terjun Sangka Pane

10 April 2021   14:25 Diperbarui: 10 April 2021   14:54 101 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesona Keindahan Alam di Aceh Tamiang: Air Terjun Sangka Pane
mongabay.co.id

Menikmati keindahan alam yang ada di aceh tamiang memang tidak ada habisnya. Namun sayangnya, tidak semua lokasi wisata alam memiliki akses yang mudah untuk di laluin. Terutama wisata air terjun sangka pane, aceh tamiang yang memiliki sejuta pesona alam yang menawan dan masih banyak lagi yang tersembunyi. Kabupaten ini menawarkan banyak pilihan wisata yang untuk di kunjungi, salah satunya yaitu air terjun sangka pane.

Air terjun sangka pane terletak di desa pengidam, kecamatan bandar pusaka, kabupaten aceh taminag, provinsi aceh. Untuk mencapai lokasi air terjun sangka pane ini para wisatawan harus menempuh jarak sekitar 50 kilometer atau melakukan perjalanan kurang lebih satu jam dari karang baru yang merupakan ibukota dari aceh tamiang.

Para pengunjung wisata air terjun sangka pane disarankan untuk menggunakan kendaraan seperti sepeda motor untuk menuju ke lokasi air tejun ini. Karena jika menggunakan mobil, bisa di pastikan para wisatawan akan mengalami kesulitan dalam melalui jalan yang sempit, berkelok dan menanjak apa lagi saat cuaca hujan akan sulit bagi yang menggunakan mobil untuk menuju ke lokasi air terjun karena jika hujan jalan menjadi licin dan becek. Hal ini memang tak aneh karena lokasi air terjun sangka pane yang tersembunyi di balik perbukitan.

Setelah melewati perjalanan yang amat sulit para wisatawan dapat menikmati pemandangan air terjun alam dengan derasnya air yang jatuh dari ketinggian mengenai bebatuan, air terjun sangka pane ini menyajikan pemandangan yang sangat amat indah apa lagi pada saat munculnya pelangi dengan beragam warna yang mempersona. Selain pemandangan yang memanjakan mata, di sekitar air terjun sengka pane terdapat bebatuan dengan bentuk dan ukuran yang berbeda seolah-olah menjadi pelengkap keindahan air terjun dan terdapat juga tempat ber foto-foto yang menarik dengan latar hutan dan air terjun yang menawan.

Saat berada di lokasi air terjun para wisatawan dapat merasakan suasana alam yang masih asri seperti dipenuhi dengan rimbunnya perpohonan hijau disekelilingnya dan udara yang sangat sejuk sehingga membuat wisatawan betah untuk berlama-lama menikmati indahnya alam,dan para pengunjung bisa dengan bebas bermain air atau mandi di air terjun. Namun para wisatawan disarankan untuk tetap waspada dan hati-hati karena bebatuan disekitar air terjun yang sangat licin dan terdapat kolam yang amat cukup dalam.

Selain memiliki pesona alam yang indah, tempat ini juga memiliki lahan yang cukup amat luas sehingga sering digunakan sebagai tempat untuk bercamping, banyak para wisatawan menghabiskan waktu akhir pekannya dengan bercamping di sekitaran air terjun sangka pane.

Namun sayangnya, fasilitas disekitar wisata ini masih belum di temukan seperti fasilitas-fasilitas pada umumnya seperti kamar mandi/toilet mushola untuk beribadah dan di sekitar lokasi air terjun sangka pane, wisatawan juga kesulitan untuk menemukan warung yang menjual makanan atau munuman, sehingga para wisatawan membawa bekal dari rumah terlebih dahulu sebelum berangkat ke air terjun sangka pane, untungnya para wisatawan masih bisa menentukan tempat parkir yang berjarak 2 kilometer sebelum tempat wisata, dan tempat parkir sudah dijaga oleh penduduk setempat, sehingga para wisatawan tidak perlu takut jika kendaraannya akan hilang, untuk memasuki kawasan air terjun sangka pane ini para wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir Rp. 5.000 jika hari biasanya, tetapi jika hari besar seperti tahun baru atau lebaran biaya parkiran sekitar Rp. 10.000 saja. 

Diharapkan kepada kepala desa dan pengelola tempat wisata air terjun sangka pane tersebut memperhatikan keadaan wisata seperti membuat fasilitas-fasilitas pada umumnya membuat kamar mandi/toilet mushola untuk beribadah dan warung yang menjuan makanan dan minuman, sehingga para wisatawan tidak perlu membawa bekal dari rumah.

VIDEO PILIHAN