Mohon tunggu...
NURMALA SARI
NURMALA SARI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi IAIN Langsa

Jangan lupa bersyukur.... 😊

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Dodol Pulut Asli Suku Jawa

30 Juli 2021   20:16 Diperbarui: 30 Juli 2021   20:46 138 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dodol Pulut Asli Suku Jawa
Dokpri 

    Jawa merupakan salah satu wilayah yang mempunyai beragam kekayaan alam, kekayaan ilmu pengetahuan, kekayaan budaya dan kekayaan agama yang sangat tinggi di negara Indonesia. Hal inilah yang membuat Jawa menjadi daerah yang spesial dari zaman kerajaan, penjajahan hingga zaman moderen sekarang ini.Dari segi makanan manis Dodol adalah makanan Jawa yang sangat populer dengan campuran berbagai rasa.

Dodol merupakan makanan khas Jawa berbahan dasar tepung pulut yang ditumbuk langsung dari pulut yang baru di panen demi mendapatkan rasa yang enak. Bahan selanjutnya yaitu santan kelapa asli, gula merah, gula putih, dan sedikit garam. Selain itu, gula merupakan komponen penting karena merupakan salah satu rasa manis khas dari dodol.

Pulut asli yang kemudian di giling di tempat penggilingan tepung, kemudian di jemur di terik matahari agar kualitas tepung baik untuk dibuat dodol.
Selain itu, dodol juga merupakan makanan yang melambangkan keakraban sehingga setiap ada acara pernikahan, selalu ada dodol.

Bahan utama pembuatan dodol adalah :

Tepung pulut, santan kelapa, gula merah, gula putih, dan garam. Untuk rasa dodol, boleh sesuai dengan selera masing-masing.

Bahan-bahan dengan berat sebagai berikut :
1,3 kg tepung pulut
1,2 kg gula merah
8 ons gula pasir
Garam secukupnya

Proses membuat dodol setelah semua bahan kita dapatkan lakukan hal berikut ini :

Campur santan dan gula merah, gula pasir, dan garam secukupnya lalu aduk hingga merata sampai mendidih. Kemudian masukkan tepung yang sudah diadonin dengan santan selama 15 menit.
Aduk merata semuanya di dalam wajan sampai 4 jam lamanya.

SELAMAT MENCOBA

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN